PORTAL LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT ONLINE DI KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG

Anggraini, Tika and Lukman, Iing (2017) PORTAL LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT ONLINE DI KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaduan masyarakat adalah bentuk penerapan dari pengawasan masyarakat yang disampaikan oleh masyarakat kepada aparatur pemerintahan terkait berupa sumbangan pikiran suara, gagasan ,keluhan, pengaduan, yang bersifat membangun. Saat ini Kantor Kecamatan Kedaton menerima pengaduan masyarakat melalui kotak pengaduan dan butuh waktu yang lama untuk menyampaikan pada setiap petugas sesuai kategori pengaduan. Cara tersebut dapat dikatakan kurang efektif karena masyarakat ingin pengaduannya segera ditanggapi oleh setiap petugas sesuai kategori pengaduan. Berdasarkan Pasal 36 dan 37 Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mengamanatkan penyelenggara wajib memberikan akses seluas luasnya kepada masyarakat untuk memberikan masukan kepada penyelenggara atas pemberian layanannya. Maka dari itu, pengelolaan pengaduan harus dikelola dengan baik yaitu antara lain menyediakan sarana pengaduan, menugaskan pelaksana yang berkompeten, menangani pengaduan dan menindaklanjuti pengaduan. Sistem Informasi berbasis web adalah jawaban atau solusi atas permasalahan di atas. sistem ini merupakan integrasi pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara berjenjang pada setiap penyelenggara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik. Portal layanan pengaduan masyarakat ini akan dikembangkan berbasis online dengan metodologi Unified Modeling Language (UML). Unified Modeling Language merupakan metode pengembangan perangkat lunak (sistem informasi) dengan menggunakan metode grafis serta merupakan bahasa untuk visualisasi, spesifikasi, konstruksi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan sistem informasi pengaduan layanan masyarakat berbasis online pada Kantor Kecamatan Kedaton Bandar Lampung ini sistem informasi yang memiliki beberapa fitur untuk menampilkan data-data pengaduan masyarakat dan informasi berita sehingga masyarakat akan lebih terbantu dalam layanan pengaduan yang ingin disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:26
Last Modified: 10 Aug 2023 04:26
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item