Komunikasi Massa Pengenalan Budaya Lampung (Studi Kasus Pada Program Acara Kompas Siang Segmen “Cerita Nusantara” di Kompas TV)

Agryandono, Dumas and Verawati, Noning (2020) Komunikasi Massa Pengenalan Budaya Lampung (Studi Kasus Pada Program Acara Kompas Siang Segmen “Cerita Nusantara” di Kompas TV). Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berjudul Komunikasi Massa Pengenalan Budaya Lampung (Studi Kasus Pada Program Acara Kompas Siang Segmen “Cerita Nusantara” di Kompas TV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Program Acara Kompas Siang Segmen Cerita Nusantara Lampung sebagai upaya mengenalkan Budaya Lampung pada di Kompas TV dan mampu memberikan pembelajaran, inspirasi dan ide bagi penulis dan pembaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini juga menggunakan beberapa kajian teori sebagai pendukung dan memperkuat hal – hal yang telah diteliti serta tujuan dari penelitian ini. Seperti teori komunikasi massa, teori hypodermic needle theory (peluru dan jarum suntik), dan teori kebudayaan. Teori hypodermic needle theory (peluru dan jarum suntik) yang dipakai dalam penelitian ini adalah yang digagas oleh Harold Lasswell pada tahun 1920-an pada tahun 1920-an ini dikenal juga dengan berbagai nama sebagaimana diutarakan oleh beberapa peneliti komunikasi yaitu teori peluru oleh Wilbur Schramm, teori jarum hipodermik oleh David K. Berlo, dan teori stimulus-respons oleh Melvin DeFleur dan Rokeach. Menurut teori ini, pesan digambarkan seperti sebuah peluru ajaib yang memasuki pikiran khalayak dan menyuntikkan beberapa pesan khusus, dan media mengontrol apa yang khalayak lihat dan apa yang khalayak dengar dapat menimbulkan efek terhadap khalayak massa bersifat langsung. Setelah dilakukan observasi dan wawancara dikemukakan bahwa televisi KOMPAS TV yang terbilang masih baru, dituntut mampu bersaing dengan stasiun televisi lainnya dengan upaya mengenalkan budaya lokal lampung kepada khalayak luas yang menerima pesan secara langsung. Terpenting juga yaitu kesuksesan dapat diraih karena adanya kerjasama tim dan kekuatan tim yang solid untuk memproduksi program acara segmen“Cerita Nusanta”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: M. Rafid Prayudha
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:37
Last Modified: 15 Aug 2023 04:37
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item