Astuti, Yeti Fidya and Waskito, Budhi (2020) Strategi Komunikasi Tokoh Asat Lampung Dalam Mempertahankan Budaya Lampung. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi memepertahan identitas Tokoh Adat Lampung dalam latar budaya majemuk di Kecamatan Natar, Lampung Selatan. Faktor yang di teliti dalam peneitian ini bagaimana strategi mempertahankan identitas etnik Lampung dalam latar budaya majemuk di Kecamatan Natar, Lampung Selatan. Berdasarkan hasil penelitian maka di peroleh bahwa strategi mempertahankan Identitas Tokoh Adat Etnik Lampung dalam Latar Budaya Majemuk di Kecamatan Natar Lampung Selatan, sebagai berikut : Tokoh Adat etnik Lampung di Kecamatan Natar selalu berpegang pada landasan etnik lampung yaitu Piil Pesenggiri serta menerapkan aspek aspek Piil seperti membuka diri, bergaul, tatakrama, berperilaku dengan lingkungan sesuai dengan landasan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Menjalankan tanggung jawab dan peran dari juluk yang dimilikinya. Melestarikan juluk sebagai panggilan sehari-hari di keluarga. Tidak malu menggunakan logat Lampung daam berbicara dan berbahasa Lampung/ bernyanyi lagu Lampung, di depan umum. Untuk mempertahankan identitas etnik Lampung, membantu dan berpartisipasi dalam acara-acara adat seperti Begawi dan acara pernikahan. Paham akan prinsip juluk- adok, nemui nyimah, nengah nyampur dan sakai sambayan yang mereka terapkan dalam aktivitas hidup sehari-hari. Diharapkan pada penelitian selanjutnya, yang meneliti mengenai strategi mertahankan identitas etnik Lampung di luar Kecamatan Natar Lampung Selatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | M. Rafid Prayudha |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 04:33 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 04:33 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1097 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |