ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA BADAN PENYELANGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) PADA RSUD DR IBNU SUTOWO DI BATURAJA

Hidayatullah, Muhammad Kautsar and Soewito, Soewito (2020) ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA BADAN PENYELANGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) PADA RSUD DR IBNU SUTOWO DI BATURAJA. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. BPJS terdiri dari BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi promosi dan kualitas layanan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan peserta BPJS kesehatan pada RSUD Dr Ibnu Sutowo di Bauraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini peserta pengguna BPJS Kesehatan yang ada pada RSUD Dr Ibnu Sutowo di Baturaja dengan sampel 100 responden dengan teknis random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan data yang terkumpul diolah dengan program komputer IMB SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan strategi promosi dan kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, secara parsial strategi promosi dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Strategi promosi BPJS pada RSUD Dr Ibnu Sutowo di Baturaja sebaiknya ditingkatkan melalui program promosi yang menarik, seperti melakukan penyuluhan ke berbagai daerah agar masyarakat umum dapat lebih memahami iklan yang dipaparkan dan dapat lebih memahami hak-hak yang didapat di setiap kelas perawatan yang disediakan oleh pihak BPJS , sehingga dapat menambah jumlah pengguna BPJS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: M. Rafid Prayudha
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:34
Last Modified: 04 Sep 2023 04:34
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1134

Actions (login required)

View Item View Item