ANALISIS PENERAPAN STANDAR PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT PADA PUSKESMAS RAWAT INAP KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG

Yani, Neki and Handayani, Agustuti (2019) ANALISIS PENERAPAN STANDAR PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT PADA PUSKESMAS RAWAT INAP KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satu diantaranya yang dianggap penting adalah pemberian pelayanan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan dibidang kesehatan, Keputusan Menteri Kesehatan RI No 43 Tahun 2016 tentang standar pelayanan minimal bidang kesehatan dikabupaten/kota. Puskesmas Rawat Inap Kedaton merupakan pelayanan kesehatan tingkat pertama yang meraih akreditas sebagai FKTP yang diharapkan dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan standar pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat khususnya masyarakat kota bandar lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan standar pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Rawat Inap Kedaton. Dan untuk mengetahui asek penghambat dalam pemberian pelayanan sesuai dengan standar pelayanan dibidang kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi di Puskesmas Rawat Inap Kedaton Kota Bandar Lampung Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan dapat dikatakan efektif karena sudah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal bidang kesehatan yaitu Keputusan Menteri Kesehatan RI No 43 Tahun 2016 tentang standar pelayanan minimal bidang kesehatan dikabupaten/kota. Dan sesuai dengan alur prosedur yang ditetapkan oleh Puskesmas Rawat Inap Kedaton Kota Bandar Lampung. Yang menjadi hambatan yaitu pada prosedur pelayanan, Banyak masyarakat atau pasien yang tidak mengetahui informasi standar pelayanan yang seharusnya mereka dapatkan, Masih terdapat masyarakat atau pasien tidak memenuhi syarat Administrasi karena kurang mengetahui informasi yang jelas khususnya untuk program P2KM dan syarat untuk imunisasi balita pada poli MTBS. Sedangkan pada Sarana dan prasarana yang kurang memadai Seperti ruang tunggu yang tidak dapat memenuhi kapasitas pasien yang datang dengan jumlah mencapai 200 pasien lebih perharinya, belum adanya alat USG pada poli kebidanan untuk menunjang pelayanan kesehatan pada pasien hamil, dan Lahan parkir yang terlalu sempit sehingga sering mengganggu bahu jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: M. Rafid Prayudha
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:53
Last Modified: 12 Oct 2023 07:53
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item