SINKRONISASI AGENDA KERJA DAN ADMINISTRASI KEUANGAN DALAM UPAYA MEWUJUDKAN TERTIB ADMINISTRASI KEUANGAN PADA SUB BAGIAN KEUANGAN BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN WAY KANAN

Suri, Mulia Atika and Waskito, Budhi (2023) SINKRONISASI AGENDA KERJA DAN ADMINISTRASI KEUANGAN DALAM UPAYA MEWUJUDKAN TERTIB ADMINISTRASI KEUANGAN PADA SUB BAGIAN KEUANGAN BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN WAY KANAN. Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Badan perencanaan pembangunan daerah merupakan salah satu dari 32 SKPD yang ada di Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan. Berdasarkan Perbup Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Kedudukan Organisasi ,Tugas Pokok dan Fungsi , Bappeda Kabupaten Way Kanan menjalani fungsi penertiban administrasi keuangan sebagaimana yang menjadi Tupoksi pada Subbag Keuangan. Penertiban administrasi keuangan dapat terwujud apabila bersinergi atau selaras serta sesuai dengan agenda kerja yang telah dilaksanakan oleh seluruh pegawai dilingkungan Bappeda Kabupaten Way Kanan. Seperti hal yang mudah untuk dilaksanakan . Namun, pada kenyataan hal ini menjadi akar permasalahan yang dapat menentukan bagaimana cerminan terhadap akuntabilitas dan kinerja pada SKPD. Pada kesempatan ini , penulis tertarik untuk menyusun tesis yang berjudul "Sinkronisasi Administrasi Agenda Kerja dan Keuangan Dalam Mewujudkan Tertib Administrasi Pada Subbag Keuangan Bappeda Kabupaten Way Kanan" yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan strategi yang dapap dilakukan dalam mengatasi fenomena tersebut dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui proses wawancara dan studi dokumen. Sinkronisasi menurut Endang Sumiarni (2013) , sinkronisasi adalah dengan melihat kesesuaian atau keselarasan peraturan perundang-undangan secara vertikal berdasarkan sistematisasi hukum positif yaitu antara perundang-undangan yang lebih tinggi dengan peraturan perundang-undangan yang lebih rendah. Dari hasil wawancara tersebut bahwa Sinkronisasi tertib administrasi dan keuangan tidak dapat terwujud seperti yang dikatakan oleh Endang Sumiarni (2013), bahwa sinkronisasi yang dimaksud adalah dengan melihat kesesuaian atau keselarasan suatu permasalahan secara vertikal berdasarkan sistematisasi suatu tujuan misalnya antara peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dengan peraturan perundang-undangan yang lebih rendah. Dua hal tersebut antara sesuai dan keselarasan adalah hal yang tidak dapat terpisahkan . Sebagaimana yang dimaksud sesuai adalah kecocokan terhadap administrasi yang diperlukan yang selaras dengan pelaksanaan agenda kerja yang telah dilaksanakan. Adapun hal-hal yang sedang dihadapi seperti sekarang ini dikarenakan kurangnya tingkat kesadaran dari ASN/Honorer dalam melaksanakan tupoksinya. Sehingga administrasi keuangan sering sekali dikesampingkan . Selain itu, kekurangan Sumber Daya Manusia menjadi kendala pada fenomena ini. Sehingga , dalam mengatasi fenomena tersebut penulis terlebih dahulu mengetahui faktor-faktor pendukung yang menentukan terwujudnya administrasi keuangan yang tertib adalah dengan mengimplementasikan konsep kesesuaian dan keselerasan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Penulis, mengetahui strategi yang dapat dilakukan dalam mengatasi fenomena tersebut dengan menambah kuantitas ASN/Honorer yang memiliki kualitas latar belakang pendidikan yang memadai ,tingkat kesadaran bekerja yang tinggi sehingga memiliki profesionalitas dan integritas dalam bekerja. Serta dengan menerapkan dan mulai membiasakan pola dan aturan baru terhadap administrasi keuangan yang ideal sesuai yang penulis lakukan terhadap penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Magister Ilmu Administrasi
Depositing User: M. Rafid Prayudha
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:50
Last Modified: 24 Oct 2023 04:50
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1269

Actions (login required)

View Item View Item