ANALISIS KINERJA PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN PADA DINAS KETAHANAN PANGAN, TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI LAMPUNG TERHADAP KEPUASAN PETANI TANAMAN PADI DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Sari, Jayanite Diana and Barusman, Tina Miniawati (2022) ANALISIS KINERJA PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN PADA DINAS KETAHANAN PANGAN, TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI LAMPUNG TERHADAP KEPUASAN PETANI TANAMAN PADI DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jayantie Diana Sari, 201419005, Analisis Kinerja Pelayanan Penyuluh Pertanian pada Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung terhadap Kepuasan Petani Tanaman Padi di Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas kinerja dari penyuluh pertanian terhadap kepuasan petani tanaman padi di Kabupaten Lampung Tengah, serta mengetahui aspek-aspek apa saja yang mendukung dan menghambat kinerja penyuluhan. Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kualitatif kinerja pelayanan penyuluh pertanian pada Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung terhadap Kepuasan Petani Tanaman Padi di Kabupaten Lampung Tengah. Hasil Penelitian kinerja pelayanan penyuluh pertanian pada Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung terhadap petani tanaman padi Kabupaten Lampung Tengah dilihat dari dimensi Responsiveness masih belum optimal. Terbatasnya jumlah SDM/penyuluh dibandingkan dengan jumlah petani menjadi kendala dalam kecepatan pelayanan penyuluh pertanian. Dari dimensi Tangible, Reliability, Assurance, dan Empathy kualitas pelayanan penyuluh pertanian sudah baik. Penyuluh mampu melakukan pelayanan dengan tepat dan cermat dengan kesiapan dan kelengkapan alat peraga yang baik, memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dan menyampaikan informasi untuk membantu petani, serta mampu membangun komunikasi yang baik terhadap petani. Secara umum kinerja pelayanan penyuluh pertanian sudah baik tapi belum optimal sehingga kualitas pelayanan masih perlu ditingkatkan. Aspek-aspek yang mendukung kinerja pelayanan penyuluh pertanian antara lain adalah: (1) Adanya penyuluh pertanian yang sudah terlatih dan kompeten; (2) Adanya kelompok tani yang sudah terbentuk; (3) Sikap dan antusiasme kelompok tani dalam mengikuti penyuluhan. Aspek-aspek yang menghambat kinerja pelayanan penyuluh pertanian antara lain adalah: (1) Jumlah SDM penyuluh yang sedikit; (2) Kelompok tani yang tidak bermukim di wilayah usahataninya sendiri; (3) Sikap mental petani yang belum mandiri. Dari hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran, antara lain menambah SDM penyuluh pertanian, mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan penyuluh, dan menambah biaya operasional untuk menunjang pelayanan penyuluh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Magister Ilmu Administrasi
Depositing User: M. Rafid Prayudha
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:36
Last Modified: 25 Oct 2023 04:36
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item