PENGARUH PERUBAHAN DIAMETER THROTTLE BODY TERHADAP UNJUK KERJA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR HONDA ADV150

Ardiansyah, Tomi and Surya, Indra (2022) PENGARUH PERUBAHAN DIAMETER THROTTLE BODY TERHADAP UNJUK KERJA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR HONDA ADV150. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang memerlukan engine sebagai penggerak mulanya, baik roda dua maupun roda empat. Proses pembakaran dalam silinder dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya tekanan kompresi, sistem pengapian, kontruksi ruang bakar, mekanisme katub, dan campuran bahan bakar dan udara. Throttle Body memiliki fungsi untuk mengatur jumlah udara yang masuk sewaktu pengendara mengoperasikan Throttle Valve melalui Throttle Grip. Throttle body merupakan komponen bagian dari sistem udara masuk (intake air system). Honda ADV150cc memiliki sistem injeksi PGM-FI yang dapat menghasilkan tenaga hingga 1 daya kuda dan torsi sebesar 13,8Nm..Hasil dari perngujian yang dilakukan menggunakan dynotest, throttle body standart 28 mm mengasilkan daya maksimal 10.6 HP pada 8960 rpm dan torsi 15.12 N.m pada 4638 rpm. Sedangkan throttle body modifikasi 30 mm menghasilkan daya maksimal 11.4 HP pada 8995 rpm dan torsi 13..23 N.m pada 4225 rpm. Hasil dari perhitungan pada kondisi throttle body standart 28mm menghasilkan daya 9.9 HP dan torsi 14.75 N.m pada 4750 rpm, pada throttle body modifikasi 30 mm menghasilkan daya 8.1 HP dan torsi 12.16 N.m pada 4750 rpm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Mesin
Depositing User: M. Rafid Prayudha
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:00
Last Modified: 04 Jul 2024 08:00
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1284

Actions (login required)

View Item View Item