Laksono, Agung and Muhamad, Zein (2022) ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN INJECTOR TERHADAP UNJUK KERJA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT FI. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
Secara umum penggantian sistem bahan bakar konvensional ke sistem electronic fuel injection (EFI) dimaksudkan agar dapat meningkatkan unjuk kerja dan tenaga mesin (power) yang lebih baik, akselarasi yang lebih stabil pada setiap putaran mesin. Sistem penyemprotan bahan bakar modifikasi yang dilakukan yaitu penambahan injector menggunakan ecu programmable brt juken 5 racing turbo Pengujian daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar dengan menggunakan bahan bakar adalah pertamax turbo RON 98 sebanyak 250 ml. mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan dua injector. Pengumpulan data hasil nilai pengujian Dyno Test pengambilan daya dan torsi dengan bahan bakar yang digunakan Pertamax turbo 98 pada putaran yang sama. Adapun hasil data dyno test injector kedua akan berfungsi dengan bukaan throttle valve 50% di rpm 5000 nilai torsi dan daya 12,39 N.m, 8,7 HP, sedangkan penggunaan satu injector di 5000 rpm torsi dan daya 12,1 N.m, 8,5 HP. Pengujian konsumsi bahan bakar didapat pada sepeda motor standar menggunakan bahan bakar 250 ml dengan nilai 0,76 l/h, sedangkan hasil pengujian sepeda motor modifikasi menggunakan bahan bakar 250 ml dengan hasil 0,93 l/h.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Prodi Teknik Mesin |
Depositing User: | M. Rafid Prayudha |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 08:13 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 08:13 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |