Fany, Fany and Dunan, Hendri (2022) PENGARUHI KELOMPOK ACUAN, MOTIVASI, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SHOPEEPAY DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.
![]() |
Text
SKRIPSI FANY 18011006.pdf - Other Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi Covid-19 melanda di seluruh dunia, salah satunya Indonesia. Hal ini membuat masyarakat harus melakukan segala aktifitasnya dari rumah saja. Namun, kesulitan tersebut bisa teratasi karena adanya perkembangan zaman serta semakin canggihnya teknologi. Perkembangan sistem pembayaran dari tunai menjadi non tunai tentunya memberi kemudahan dalam melakukan pembelian terhadap suatu barang. Dari begitu banyaknya aplikasi pembayaran non tunai, Shopeepay salah satu diantaranya. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui berpengaruhkali variabel X₁, X₂, dan X₃, (kelompok acuan, motivasi, gaya hidup) terhadap variabel Y (keputusan pembelian). Penelitian memakai metode kuantitatif dengan penyebaran kuisioner berdasarkan perhitungan skala likert. Pengujian valid dan relibialitas dipakai guna melihat kualitas kuisioner. Tahap uji asumsi klasik juga diterapkan, diantaranya uji normality, linear, dan korelasi rank spearman. Kemudian hipotesis juga diuji dengan cara uji regresi berganda, uji simultan (uji F), serta uji koefisien korelasi dan determinasi. Hasilnya, tidak ada pengaruh antara X₁, dengan Y, namun terdapat pengaruh antara X₂ dan X₃, dengan Y melalui Shopeepay.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kelompok Acuan; Motivasi; Gaya Hidup; Keputusan Pembelian; Shopeepay; Covid-19 |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | admin repository UBL |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 07:27 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 07:27 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |