ANALISIS EKSPEKTASI PENGGUNA JALUR SEPEDA TERHADAP PERENCANAAN PENGEMBANGAN JALUR SEPEDA RUTE JL. TEUKU UMAR BANDAR LAMPUNG

Dyamandica, Donny Ananta and Murwadi, Haris (2022) ANALISIS EKSPEKTASI PENGGUNA JALUR SEPEDA TERHADAP PERENCANAAN PENGEMBANGAN JALUR SEPEDA RUTE JL. TEUKU UMAR BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan sepeda semakin marak di kalangan masyarakat, terutama pada saat masa pandemi karena olahraga menjadi suatu kebutuhan untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu Pemerintah melaksanakan pembangunan jalur sepeda yang cukup masif di berbagai wilayah di Indonesia. Kota Bandar Lampung sendiri sudah memilki beberapa jalur sepeda yakni Jl. Raden Intan – Jl. Jend Ahmad Yani – Jl. Kartini – Jl. Jend. Sudirman – Jl. Ir. H. Juanda – Jl. Dr. Susilo – Jl. Diponegoro atau biasa dikenal Rute Tugu Adipura. Adapun jalur lainnya yaitu di Jl. Ryacudu (Rute Itera) dan ada satu jalur lainnya yaitu di dalam lingkungan Universitas Lampung (Rute Unila). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel dominan, tingkat ekspektasi dan mengetahu hubungan antar variabel yang berkaitan terhadap ekspektasi masyarakat Kota Bandar Lampung untuk pengembangan Jalur Sepeda khususnya di Jl. Teuku Umar. Alasan memilih Jl. Teuku Umar sebagai lokasi yang ditinjau adalah karena jalan ini terletak di area padat aktivitas, mulai dari perkantoran, pusat perbelajaan (mal), pasar hingga rumah sakit. Rute Jl. Teuku Umar ini juga langsung berhubungan dengan jalur sepeda yang terletak di Jl. Raden Intan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Kuantitatif dengan data yang dikumpulkan melalui Kuesioner. Kemudian data tersebut diolah dengan Analisis Distribusi, Analisis Korelasi dan Analisis ANOVA. Hasil penelitian ini adalah 1) Variabel dominan yang mempengaruhi ekspektasi masyarakat Kota Bandar Lampung terhadap pengembangan Jalur Sepeda di Jl. Teuku Umar adalah usia, jarak tempuh, alasan bersepeda, hari bersepeda, waktu bersepeda, tempat tinggal, dan rasa ketidaknyamanan dan ketidakamanan.2) Tingkat ekspektasi masyarakat terhadap pengembangan Jalur Sepeda berdasarkan klasifikasi masyarakat Kota Bandar Lampung untuk Jl. Teuku Umar cenderung tinggi, ditunjukkan dengan hasil penilaian dari 441 responden berada pada range 4 dalam skala likert yang dapat diartikan Cenderung Tinggi/Cenderung Setuju. 3) Hubungan antar variabel yang berkaitan atau yang memiliki perbedaan yang signifikan disbanding dengan hubungan variabel lainnya terhadap ekspektasi masyarakat Kota Bandar Lampung pada pengembangan Jalur Sepeda di Jl. Teuku Umar diantaranya adalah rentang usia >30 tahun dan <30 tahun terhadap waktu bersepeda, jarak tempuh, penilaian tingkat harapan penyediaan, penilaian tingkat kepadatan lalu lintas, penilaian kondisi tanjakan/turunan, penilaian kondisi fisik jalan, dan penilaian faktor keamanan. Saran dalam penelitian ini adalah 1)Untuk perencanaan dan pembuatan jalur sepeda harus mengacu pada peraturan yang sudah ada, agar desain yang sudah dikerjakan bisa bermanfaat dan masyarakat yang menggunakan lebih merasa aman dan nyaman. 2)Masyarakat perlu dilibatkan (terutama yang aktif bersepeda) untuk melaksanakan kegiatan perencanaan maupun pembuatan jalur sepeda sebagai bahan pertimbangan, sehingga jalur yang dibuat dampaknya lebih terasa di masyarakat. 3) Perlu studi atau kajian pustaka lintas profesi untuk perencanaan jalur sepeda, misalnya antara Teknik Planologi, Kesehatan, Teknik Transportasi hingga Teknik Lingkungan agar cakupan sudut pandang yang didapat lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:09
Last Modified: 21 Jul 2023 07:09
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item