Analisis Peningkatan Ruas Jalan Pahlawan Terhadap Kapasitas Dan Kinerja Jalan (Studi Kasus Samping Jalan Danau Toba)

Hayudanata, Anggra and Hifnie, Iskandar Z (2022) Analisis Peningkatan Ruas Jalan Pahlawan Terhadap Kapasitas Dan Kinerja Jalan (Studi Kasus Samping Jalan Danau Toba). Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk mengatasi permasalahan kemacetan yang ada baik di pusat kota maupun di semua penjuru kota dimana banyak tumbuh pemukiman - pemukiman baru yang tentu banyak aktivitas terjadi serta membutuhkan pelayanan transportasi yang baik. Maka perlu dilakukan Manajemen dan Rekayasa Lalu - lintas pada ruas jalan tertentu yang dianggap dapat mengurangi kemacetan. Salah satu dikota Bandar Lampung adalah ruas jalan Pahlawan, ini merupakan jalan alternatif dari dan menuju ke pemukiman, pendidikan, pusat - pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan juga sebagai alternatif bila jalan Tengku Umar terjadi kemacetan namun daya tampung kapasitas jalan Pahlawan ini baik kapasitas maupun kinerja nya masih perlu di tingkatkan, maka sebab itu dalam penelitian ini akan di bahas dengan Judul ”Analisis Peningkatan Ruas Jalan Pahlawan Terhadap Kapasitas Dan Kinerja Jalan (Studi Kasus Samping Jalan Danau Toba)” Tujuan dilakukannya penelitian ruas jalan pahlawan adalah untuk mengetahui volume, kapasitas dan menganalisa kinerja ruas jalan pada kondisi eksisting dan pada kondisi setelah di tingkatkan. Berdasarkan hasil analisis perhitungan dengan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2017 di Jalan Pahlawan Kota Bandar Lampung didapat data arus lalu - lintas Q didapat sebesar 1119 skr/jam, Kecepatan arus bebas pada kondisi eksisting dengan lebar badan jalan 5,0 m VB = 33 km/jam, dan pada saat badan jalan di lebarkan menjadi 7,0 m VB sebesar = 42 km/jam, Kapasitas pada kondisi eksisting dengan lebar badan jalan 5,0 m C = 1494 skr/jam, dan pada saat badan jalan di lebarkan menjadi 7,0 m didapat C = 2668 skr/jam, Derajat kejenuhan (Dj) pada kondisi eksisting dengan lebar badan jalan 5,0 m Dj = 0,75, sedangkan Derajat kejenuhan pada saat badan jalan di lebarkan menjadi 7,0 m nilai Derajat kejenuhan didapat sebesar 0,42, Kecepatan tempuh (VT) pada kondisi eksisting dengan lebar badan jalan 5,0 m didapat = 27 km/jam. Sedangkan untuk kondisi badan jalan di lebarkan menjadi 7,0 m didapat Kecepatan tempuh (VT) sebesar 34 km/jam, Waktu tempuh (WT) untuk panjang segmen 100 meter pada kondisi eksisting dengan lebar badan jalan 5,0 m didapat Waktu tempuh (WT) sebesar = 0,00370 0,1km/jam atau 13,3333 0,1km/dt, sedangkan untuk kondisi badan jalan di lebarkan menjadi 7,0 m WT = 0,00294 0,1km/jam atau 10,5882 0,1km/dt. Berdasarkan hasil analisis diatas dapat di nyatakan tingkat pelayanan di Jalan Pahlawan Kota Bandar Lampung pada kondisi eksisting dengan lebar badan jalan 5,0 m pada kondisi Eksisting nilai Derajat kejenuhan Dj = 0,75 dengan nilai indeks tingkat pelayanan berdasarkan kecepatan arus bebas, tingkat jalan C adalah arus stabil, kecepatan dipengaruhi oleh lalu - lintas, volume sesuai untuk jalan kota, sedangkan pada saat kondisi badan jalan dilebarkan menjadi 7,0 m Derajat kejenuhan didapat sebesar Dj = 0,42 dengan nilai < 0.60 nilai indeks tingkat pelayanan berdasarkan kecepatan arus bebas tingkat jalan A adalah arus lancar, volume rendah, kecepatan tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:04
Last Modified: 21 Jul 2023 08:04
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item