Analisis Pengaruh Hambatan Samping terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus di Jalan H.M.Noerdin Panji Depan OPI MALL Kota Palembang )

Saputra, Midun and Hifnie, Iskandar Z and Juniardi, Juniardi (2022) Analisis Pengaruh Hambatan Samping terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus di Jalan H.M.Noerdin Panji Depan OPI MALL Kota Palembang ). Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk, jumlah kendaraan dan aktivitas di Kecamatan Jakabaring wilayah Mall OPI jalan di Jalan H.M.Noerdin Panji Depan OPI MALL Kota Palembang, dimana terdapat banyak pusat pusat kegiatan masyarakat wilayah tersebut seperti Perkantoran , Perbangkan ,Perhotelan, pusat Perdagangan dan pertokoan , Pom Bahan Bakar Minyak, Pusat Kegiatan Olahraga Jakabaring Sport City, Mesjid Al Islam Muhammad Ceng , Komplek Pemukiman ,dan lain lain , hal ini khususnya mendapat perhatian oleh penulis mengingat aktivitas kendaraan parkir di badan jalan di H.M.Noerdin Panji selalu membuat kemacetan lalu lintas. Oleh karena itu penulis ingin melakukan penelitian pada ruas jalan H.M.Noerdin Panji di Kota Palembang dengan Judul “Analisis Pengaruh Hambatan Samping terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus di Jalan H.M.Noerdin Panji Depan OPI MALL Kota Palembang ) Berdasarkan hasil analisis perhitungan dengan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2017 terhadap di Jalan H.M.Noerdin Panji Depan OPI MALL Kota Palembang dapat di simpulkan Data arus lalu Lintas Q didapat sebesar 1654 skr/jam,Kecepatan arus bebas saat normal VB = 41 km/jam , dan pada saat ada kendaraan parkir di badan jalan VB sebesar = 28 km/jam,Kapasitas untuk kondisi normal C = 2787 skr/jam , dan pada saat ada kendaraan parkir didapat C = 2069 skr/jam,Derajat Kejenuhan ( Dj ) untuk kondisi normal = 0,59 Sedangkan Derajat kejenuhan untuk kondisi ada kendaraan parkir di badan jalan nilai derajat kejenuhan didapat sebesar 0,80, Kecepatan Tempuh (VT ) pada kondisi normal didapat = 35 km/jam. Sedangkan untuk kondisi ada kendaraan parkir di badan jalan didapat kecepatan tempuh (VT) sebesar 24 km /jam ,Waktu tempuh ( WT) untuk panjang segmen 100 meter untuk kondisi normal didapat Waktu tempuh ( WT ) sebesar = 0,00286 0,1km/jam atau 10,286 0,1km/dt , Untuk kondisi ada kendaraan parkir WT=0,00417 0,1km/jam atau 15,00 km/dt, Berdasarkan hasil analisis diatas dapat di nyatakan tingkat pelayanan di Jalan H.M.Noerdin Panji Depan OPI MALL Kota Palembang pada kondisi normal tidak ada kendaraan parkir di badan jalan untuk rasio derajat kejenuhan (Dj) = 0,59 < 0,60 yang artinya Arus lancar, volume rendah, kecepatan Tinggi dan pada kondisi ada parkir kendaraan dibadan jalan didapat nilai Dj = 0,80 atau > 0,70 – 0,80 dengan nilai tingkat pelayanan C yang arti nya Arus stabil, kecepatan dipengaruhi oleh lalu lintas, volume sesuai untuk jalan kota yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:14
Last Modified: 21 Jul 2023 08:14
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item View Item