Balqis, Shity and Hifnie, Iskandar Z and Juniardi, Juniardi (2022) Analisis Pengaruh Kendaraan Berat Terhadap Kecepatan Dan Waktu Tempuh Pada Jalan Sukarno Hatta Kota Palembang “ ( Studi Di Depan Dealer Mobil Kota Palembang ). Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu bagian dari prasarana jalan yang selalu mendapat perhatian didalam pengendalian lalu lintas adalah ruas jalan, hal ini disebabkan pada bagian jalan ini akibat masing-masing pemakai jalan memiliki kepentingan yang berbeda dan harus dipenuhi. Salah satu ruas jalan di Kota Palembang yang cukup padat adalah jalan nasional Sukarno-Hatta sebagai jalan yang berada kota Palembang yang di lalui oleh kendaraan ringan , kendaraan roda dua dan kendaraan berat. Penelitian ini akan mencoba mengatasi permasalahan transportasi utamanya melakukan penelitian tentang “Analisis Pengaruh Kendaraan Berat Terhadap Kecepatan Dan Waktu Tempuh Pada Jalan Sukarno Hatta Kota Palembang “ ( Studi Di Depan Dealer Mobil Kota Palembang ), hal ini untuk evaluasi perkembangan jalan Sukarno Hatta untuk masa yang akan datang. Tujuan dilakukannya penelitan ini adalah Untuk mengetahui bagaimana arus lalu lintas di ruas jalan Sukarno Hatta,Untuk mengetahui bagaimana Arus lalu lintas kendaraan berat di ruas jalan Sukarno Hatta, Untuk mengetahui bagaimana Kapasitas di ruas Jalan Sukarno-Hatta, mengetahui bagaimana kecepatan dan waktu tempuh kendaraan di ruas Jalan Sukarno-Hatta , mengetahui bagaimana kecepatan dan waktu tempuh kendaraan berat di ruas Jalan Sukarno-Hatta, mengetahui bagaimana pengaruh kendaraan berat terhadap kecepatan dan waktu tempung di ruas jalan Sukarno Hatta Kesimpulan dari hasil penelitian analisis dan perhitungan yang dilakukan pada ruas jalan Sukarno Hatta dapat disimpulkan ;Arus lalu lintas pada ruas jalan Sukarno Hatta pada kondisi eksisting didapat sebesar 1485 skr/ jam , sedangkan untuk khusus kendaraan berat di dapat sebesar 681 skr/jam dan untuk prediksi arus lalu lintas pada 20 tahun mendatang didapat sebesar 3940 skr/jam sedangkan khusus untuk kendaraan berat saja sebesar 1807 skr/jam, Kapasitas pada ruas jalan Sukarno Hatta pada lokasi penelitian adalah 3762 skr/jam ,Drajat Kejenuhan untuk kendaraan secara bersama sama pada kondisi eksisting sebesar Dj.KR,KB = 0,39, sedangkan khusus untuk kendaraan berat sebesar DjKB = 0,18, dan pada kondisi prediksi 20 tahun mendatang sebesar 1,05 sedangkan untuk khusus kendaraan berat sebesar 0,48 ,Kecepatan Kendaraan secara bersama sama dalam ruas jalan untuk kondisi eksisting sebesar 59 km/jam , sedangkan kecepatan khusus kendaraan berat saja sebesar 55 km / jam dan untuk prediksi 20 tahun mendatang didapat 33 km/jam dan untuk khusu kendaraan berat sebesar 46 km/jam Waktu tempuh untuk panjang segmen 100 meter , untuk kendaraan pada kondisi eksisting secara bersama sama didapat 6,101 dt/100 m , sedangkan khusus untuk kendaraan berat sebesar 6,5454 dt/100 m, dan untuk kondisi prediksi 20 tahun mendatang didapat 10,9090 dt/100 m dan khusus untuk kendaraan berat sebesar 7,826 dt/100 m, Pengaruh kendaraan berat terhadap kecepatan untuk kondisi eksisting tidak terlalu signifikan karena selisih hanya 4 km/jam , sedangkan pada kondisi prediksi 20 tahun mendatang didapat selisih sebesar 13 km/jam berpengaru besar , Untuk tempuh untuk kondisi eksisting juga tidak terlalu signifikan selisihnya hanya sebesar 0,444 dt/ 100 m dan pada kondisi prediksi 20 tahun mendatang selisih didapat 3,083 dt/100 m
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik |
Depositing User: | Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 08:29 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 08:29 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |