ANALISIS KINERJA JALAN AKIBAT KEGIATAN PASAR TRADISIONAL PADA RUAS JALAN SULTAN HASANUDIN KOTA BANDAR LAMPUNG

Ambang, Karina Ariesta and Riyanto, Heri and Karim, A.Ikhsan (2022) ANALISIS KINERJA JALAN AKIBAT KEGIATAN PASAR TRADISIONAL PADA RUAS JALAN SULTAN HASANUDIN KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pertambahan jumlah penduduk membuat kebutuhan masyarakat terhadap kepemilikan alat transportasi meningkat pula. Hal ini selalu berbanding terbalik dengan kapasitas jalan yang semakin terbatas. Pada kondisi inilah kemacetan seting terjadi. Kinerja arus lalu lintas di daerah komersial berkurang, akibat dari berbagai faktor yang terjadi pada sisi jalan. Salah satu faktor yang teramati adalah aktifitas pada sisi jalan atau hambatan samping seperti kendaraan keluar dan masuk, kendaraan yang berhenti, kendaraan parkir, penyeberang jalan dan sejajar jalan. Jalan Sultan Hasanudin khususnya setelah simpang Jl. Ikan Duyung – Akhir Jl. Sultan Hasanudin dipilih sebagai lokasi penelitian karena pada ruas jalan ini sering terjadi kemacetan yang diakibatkan oleh tingginya aktifitas pasar tradisional yang menyebabkan adanya hambatan samping berupa kendaraan yang masuk dan keluar sisi jalan, kedaraan yang sering berhenti dan parkir di badan jalan, serta penyeberang jalan yang akhirnya berpengaruh terhadap kinerja di ruas jalan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab utama dari terjadinya kemacetan karena aktifitas di sisi jalan dengan menggunakan panduan dari Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Penelitian dilakukan selama 2 hari, yaitu pada hari Sabtu dan Senin (28 dan 30 Agustus 2021). Pengambilan data dilakukan secara langsung dilapangan untuk memperoleh volume lalu lintas, kecepatan kendaraan dan hambatan samping yang dibagi per 15 menit. Selanjutnya dilakukan analisis data volume lalu lintas, kecepatan, dan kapasitas jalan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) Tahun 2014, sedangkan untuk pengaruh hambatan samping terhadap kecepatan kendaraan. Dari Penelitian ini didapat Kapasitas lajur 2755 skr/jam, pada kondisi tanpa adanya kendaraan parkir. Sedangkan Kapasitas dengan adanya kendaraan parkir dan berhenti didapat Kapasitas lajur 1542,8 skr/jam. Derajat Kejenuhan dengan adanya kendaraan parkir dan berhenti di dapat nilai 0,68 dan tingkat pelayanan B, Sedangkan Derajat Kejenuhan tanpa adanya kendaraan parkir dan berhenti didapat nilai 0,38 dan tingkat pelayanan A. dengan kecepatan arus bebas 45,6 km/jam, hambatan samping tertinggi terjadi pada hari senin dengan nilai 523,7 kejadian per jam dan kecepatan kendaraan rata- rata terganggu hambatan samping hanya 9,73 km/jam. Tingkat hambatan samping tinggi terjadi karena tidak disiplinnya pengguna jalan, sehingga menyebabkan terjadinya kemacetan sesaat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 21 Jul 2023 09:12
Last Modified: 21 Jul 2023 09:12
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item View Item