ANALISIS KAPASITAS TERHADAP KINERJA JALAN ( Studi Kasus Exit Tol Jakabaring Palembang )

Yusep, Yusep and Hifnie, Iskandar Z and Sugito, Sugito (2021) ANALISIS KAPASITAS TERHADAP KINERJA JALAN ( Studi Kasus Exit Tol Jakabaring Palembang ). Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ruas Jalan Tol Kayu Agung – Palembang dengan exit tol di Jakabaring atau jalan masuk dan keluar menuju ke tol Palembang - Kayu Agung yang berada di ruas jalan exit tol Jakabaring di kecamatan Jakabaring Kota Palembang yang menuju kawasan pemukiman , ke perkotaan pusat kegiatan olah raga , pusat bisnis di kota palembang direncanakan mampu menampung semua pergerakan lalu lintas baik pergerakan lokal (lingkungan) maupun pergerakan regional. Kemacetan lalu lintas di jalan exit tol ini sering terjadi pada saat kendaraan akan keluar dan masuk tol Jakabaring dengan terjadi nya antrian yang panjang ini memakan waktu yang cukup lama dan hal ini telah menjadi perhatian serius di bidang teknik transportasi terutama karena tidak terkendalinya pertumbuhan kemacetan, tundaan, polusi baik udara maupun suara dan kerugian secara ekonomi yang disebabkan oleh kemacetan lalu lintas. Untuk mengetahui kapasitas jalan exit tol Jakabaring penulis ingin melakukan penelitian di ruas exit tol guna mengetahui permasalahan dengan judul “ ANALISIS KAPASITAS JALAN TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus Exit Tol Jakabaring di Kota Palembang ) Berdasarkan hasil analisis perhitungan dengan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 terhadap di ruas jalan Exit Tol (Jakabaring ) Jalan Nasional Lingkar Selatan Palembang dapat simpulkan Volume arus lalu lintas pada saat jam sibuk pagi gari didapat sebesar Q = 1318 smp/jam, Kecepatan Arus bebas sebesar VB = 62,43 km/jam, Kapasitas jalan sebesar C = 3100 km/jam, nilai Derajat kejenuhan DJ = 0,43, Kecepatan tempuh didapat VLV = 49,5 km/jam, Waktu tempuh didapat TT = 0,00202 jam/0,1km = 7,273 0,1 km/dt dan Tingkat Pelayanan berdasarkan tabel 2.19 untuk rasio derajat kejenuhan dengan nilai ≤ 0,60 didapat nilai tingkat pelayanan A yang arti nya Kondisi Arus lalu-lintasnya bebas antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya,besar kecepatan sepenuhnya ditentukan oleh keinginan pengemudi dan sesuai batas kecepatan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:24
Last Modified: 24 Jul 2023 02:24
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item View Item