Tria, Arief and Hifnie, Iskandar Z and Sugito, Sugito (2021) ANALISIS PENGARUH KENDARAAN PARKIR DIBADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN ( Studi Kasus di Jalan A.Yani Depan Kampus Universitas Muhammadiyah Palembang ). Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
Ruas jalan Achmad Yani di kota Palembang tidak luput dari masalah yang menimbulkan kemacetan yaitu di depan kampus Universitas Muhammadiyah sampai ke Rumah Sakit Muhammadiyah sepanjang kurang lebih 200 meter yang disebabkan oleh banyaknya volume arus lalu lintas kendaraan yang melintas di ruas jalan tersebut dari barat kota Palembang menuju ke timur serta banyaknya hambatan samping yang salah satunya adalah kendaraan parkir di badan jalan . Aktifitas hambatan samping yang terjadi disebabkan beberapa faktor antara lain kendaraan parkir, pejalan kaki, kendaraan lambat, kendaraan keluar + masuk, pedagang kaki lima, kendaraan melakukan berbalik arah dan kendaraan berhenti di badan jalan. Kemacetan terjadi di waktu puncak yaitu pagi, siang dan sore hari. Hal ini disebabkan karena aktifitas masuk dan keluar kendaraan dari dan menuju ke Universitas Muhammadiyah Palembang dan Rumah Sakit Muhamaddiyah serta aktifitas perkantoran disepanjang ruas jalan Achmad Yani maupun pertokoan disekitarnya. Oleh karena itu penulis ingin melakukan penelitian pada ruas jalan Achmad Yani Kota Palembang dengan Judul “ANALISIS PENGARUH KENDARAAN PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN ( Studi Kasus di Jalan A. Yani Depan Kampus Universitas Muhammadiyah Palembang ) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana volume arus lalu lintas di jalan Achmad Yani, mengetahui bagaimana kapasitas jalan pada kondisi tidak ada kendaraan parkir dan pada saat ada kendaraan parkir dan mengetahui bagaimana kinerja jalan pada kondisi tidak ada kendaraan parkir dan pada saat ada kendaraan parkir di badan jalan. Berdasarkan hasil analisis perhitungan dengan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 terhadap di ruas jalan Achmad Yani dapat disimpulkan sebagai berikut: Data arus lalu Lintas Q didapat sebesar 943 skr/jam, kecepatan arus bebas saat normal VB = 52 km/jam, dan pada saat ada kendaraan parkir di badan jalan VB sebesar = 46 km/jam, kapasitas untuk kondisi normal C = 2915 skr/jam, dan pada saat ada kendaraan parkir didapat C = 1683 skr/jam, derajat Kejenuhan (Dj) untuk kondisi normal = 0,32. Sedangkan Derajat kejenuhan untuk kondisi ada kendaraan parkir di badan jalan nilai derajat kejenuhan didapat sebesar 0,52, Kecepatan Tempuh (VT) pada kondisi normal didapat = 46 km/jam, untuk kondisi ada kendaraan parkir di badan jalan didapat kecepatan tempuh (VT) sebesar 38 km /jam, waktu tempuh (WT) untuk panjang segmen 100 meter untuk kondisi normal didapat waktu tempuh (WT) sebesar = 0,00217 0,1km/jam atau 7,826 0,1km/dt, untuk kondisi ada kendaraan parkir WT =0,00263 0,1km/jam atau 9,45 0,1 km/dt, tingkat pelayanan 10 di ruas jalan Achmad Yani pada kondisi normal tidak ada kendaraan parkir di badan jalan maupun ada kendaraan parkir di badan jalan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pelayanan, hal ini terlihat dari untuk rasio derajat kejenuhan (Dj) pada kondisi tidak ada parkir kendaraan maupun ada parkir kendaraan dibadan jalan didapat nilai ≤ 0,60 dengan nilai tingkat pelayanan A yang artinya kondisi arus lalu lintasnya bebas antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya, besar kecepatan sepenuhnya ditentukan oleh keinginan pengemudi dan sesuai batas kecepatan yang telah ditentukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik |
Depositing User: | Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 02:30 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 02:30 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |