Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Cut Nyak Din Di Kecamatan Tanjung Karang Barat Kota Bandar Lampung ( Studi Kasus Depan Sma Perintis Dan Sman 3 Palapa Bandar Lampung )

Haryono, Haryono and Nurhasanah, Any and Juniardi, Juniardi (2021) Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Cut Nyak Din Di Kecamatan Tanjung Karang Barat Kota Bandar Lampung ( Studi Kasus Depan Sma Perintis Dan Sman 3 Palapa Bandar Lampung ). Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecamatan Tanjung Karang Barat di Kota bandar lampung yang dilalui ruas jalan kota yang menuju ke daerah pendidikan , pemukiman real ested , kewilayah wisata alam dan wisata pantai adalah tidak luput dari masalah kemacetan . Ruas jalan ini yang menimbulkan kemacetan yaitu di sepanjang jalan Cut Nyak Din dari simpang pasar Tamin sampai dengan simpang jalan Cut Nyak Din sepanjang kurang lebih satu kilometer tepat nya di depan SMAN 3 dan SMA Perintis Palapa yang disebabkan oleh banyak nya volume pejalan kaki anak sekolah yang menyeberang jalan dan arus lalu lintas kendaraan yang melintas di ruas jalan tersebut dan akibat hambatan samping pasa saat jam sibuk pagi hari serta jam sibuk sore hari pada saat anak sekolah pulang Aktifitas hambatan samping yang terjadi disebabkan beberapa faktor antara lain kendaraan parkir, pejalan kaki, kendaraan lambat, kendaraan keluar + masuk , pedagang kaki lima, kendaraan melakukan berbalik arah , dan kendaraan berhenti di badan jalan , Kemacetan terjadi di waktu puncak yaitu pagi , siang dan sore hari. Hal ini disebabkan karena aktifitas masuk dan keluar kendaraan dari dan menuju jalan Chairil Anwar yang menujun ke SMAN 3 palapa maupun sebaliknya . Kebutuhan akan transportasi darat pada saat ini hususnya jalan raya, dirasakan semakin meningkat sejalan dengan perkembangan teknologi diberbagai bidang, perkembangan otomotif yang meningkat pesat dan daya beli masyarakat yang cukup tinggi mengakibatkan peningkatan jumlah kendaraan yang beroperasi di jalan raya .Sehingga bila tidak diimbangi dengan ruas jalan yang memadai maka akan menimbulkan masalah yaitu terganggunya lalu lintas jalan raya. Oleh karena itu penulis ingin melakukan penelitian dilokasi tersebut dengan judul “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Cut Nyak Din Di Kecamatan Tanjung Karang Barat Kota Bandar Lampung ( Studi kasus depan SMAN 3 dan SMA Perintis Palapa ) “ Berdasarkan hasil analisis perhitungan dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia terhadap ruas jalan Cut Nyak Dien Kota Bandar Lampung dapat di simpulkan sebagai berikut: 1. Data arus lalulintas tertinggi yang terjadi pada jam puncak yaitu pada hari Kamis pada kondisi ( 3 ) sebesar 2139 kendraan /jam atau 1616 smp/jam antara pukul 16.00 – 17.00 2. Kecepatan arus bebas kendaraan ringan untuk lebar jalan 7,5 meter sebesar 39,57 km/jam. 3. Kapasitas jalan untuk lebar jalan 7,5 meter adalah 2718 smp/jam . 4. Derajat Kejenuhan (DS ) untuk lebar jalan 7,5 meter dengan volume arus lalu lintas 1616 smp/jam didapat Derajat Kejenuhan sebesar 0,59 5. Nilai kecepatan tempuh untuk eksisting lebar jalan 7,5 meter dengan volume sebesar 1616 smp/jam didapat sebesar ± 31,00 km/jam, dengan tingkat pelayanan tingkat pelayanan B yang arti nya Kondisi arus lalu-lintas stabil, kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kendaraanlainnya dan mulai dirasakan hambatan-hambatan oleh kendaraan disekitarnya. 6. Dari hasil pemodelan korelasi dengan menggunakan program SPSS diperoleh model korelasi yang kuat pada kamis pada kondisi ( 3 ) dengan nilai tertinggi terjadi pada hubungan antara Pejalan kaki / penyeberang jalan dengan volume lalu lintas, yaitu: sebesar sebesar 0,698 , sedangkan nilai terendah antara hubungan kendaraan keluar dengan dengan volume lalulintas sebesar 0,001. 7. Dari hasil pemodelan regresi dengan menggunakan program SPSS diperoleh model regresi yang positif pada hari kamis dengan nilai tertinggi terjadi pada pengaruh antara Pejalan kaki / penyeberang jalan dan kendaraan keluar dengan volume lalu lintas, yaitu: sebesar 100 % di Jalan Cut Nyak Dien Kota Bandar Lampung. Maka didapat persamaan regresi sebagai berikut : Y = a + b1X1 + ....................................b4X4 Y = 1196,516 + 3,137 X1 + 5,767 X2 – 13,041 X3 – 12,871 X4 Dengan nilai koefisien diterminasi (R2 ) = 1,00

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:32
Last Modified: 24 Jul 2023 03:32
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item