ANALISIS PENGARUH BEBAN LALU LINTAS TERHADAP PERKERASAN LENTUR (FLEXIBEL PAVEMENT) MENGGUNAKAN METODE AASHTO 1993, METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN 2017 DAN METODE ANALISA KOMPONEN

Pala, Dedy Dwi and Purba, Ronny Hasudungan and Wisman, Mira (2021) ANALISIS PENGARUH BEBAN LALU LINTAS TERHADAP PERKERASAN LENTUR (FLEXIBEL PAVEMENT) MENGGUNAKAN METODE AASHTO 1993, METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN 2017 DAN METODE ANALISA KOMPONEN. Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jalan merupakan fasilitas yang dibuat secara khusus untuk mendukung kegiatan tertentu atau kegiatan masyarakat dalam kehidupan sehari – hari. Atau jalan juga merupakan fasilitas yang dibuat untuk mempermudah transportasi melalui jalur darat. Untuk itu diperlukan pembangunan jaringan jalan yang memadai agar mampu memberikan pelayanan yang tepat sesuai dengan kapasitas yang diperlukan. Perkerasan jalan merupakan bagian dari perencanaan jalan yang harus direncanakan secara efektif dan efisien. Konstruksi jalan menerima beban diatasnya sehingga perkerasan jalan harus dapat memperhitungkan jumlah dan jenis kendaraan yang akan melaluinya. Lalu lintas harian rata-rata menjadi salah satu factor yang sangat berperan dalam menentukan ketebalan lapis perkerasan. Pada saat ini existing ruas jalan kelirejo-pringsewu mengalami permasalahan yakni jalan yang buruk seperti retak-retak, pecah, berlubang, dll yang dapat berbahaya bagi pengguna jalan. Sehingga dengan dilakukannya perencanaan perkerasan jalan dapat bertujuan untuk mengetahui tebal desain perkerasan yang tepat sesuai ruas jalan kelirejo-pringsewu. Langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan perhitungan menggunakan tiga metode yaitu metode Analisa Komponen, AASHTO 1993, dan Manual Desain Perkerasan 2017. Selanjutnya melakukan survey lokasi, mendata ulang LHR dan melakukan uji CBR agar dapat menghitung tebal desain perkerasan untuk mengetahui perbedaan ketebalan yang di dapat pada ruas jalan tersebut. Dari hasil pengujian didapat nilai CBR sebesar 5,5% dan dilakukan percobaan dengan menaikkan nilai Lalu lintas harian rata-rata sebesar 20%, 40%, 60%, 80% sebagai perbandingan pengaruhnya dalam ketebalan lapis perkerasan lentur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:22
Last Modified: 24 Jul 2023 04:22
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item