Indrawati, Anik (2021) PENATAAN SISTEM DRAINASE JALAN RADEN INTAN KECAMATAN BALIK BUKIT KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
Jalan Raden Intan Liwa merupakan salah satu jalan utama yang menghubungkan Provinsi Lampung dengan daerah Muara Dua Kabupaten OKU Timur. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, di beberapa titik lokasi sering mengalami genangan pada saat intensitas hujan tinggi. Hal ini disebabkan kondisi saluran sebagian besar sudah tertutup sedimen sehingga mengurangi kapasitas tampung saluran. Akibatnya, beberapa titik jalan Raden Intan Liwa mengalami kerusakan akibat genangan tersebut. Kajian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menghitung kapasitas tampung drainase kondisi eksisting dengan perhitungan debit banjir rencana kala ulang 5 tahun, 10 tahun dan 25 tahun. Selanjutnya, analisis kapasitas tampung drainase disimulasikan dengan cara yang sama dengan asumsi saluran drainase sudah dilakukan normalisasi Hasil perhitungan debit kala ulang 5, 10 dan 25 tahun secara berurutan di lokasi penelitian adalah 0,935, 1,0401, dan 1,2075 m”/dtk. Nilai — nilai tersebut kemudian dimodelkan dengan software HEC RAS untuk mendapatkan posisi muka air di saluran drainase. Simulasi perhitungan elevasi muka air STA 04550 eksisting dengan program HEC RAS menunjukkan muka air banjir berada pada elevasi #915,683 untuk nilai debit kala ulang 5 tahun #915,693 untuk nilai debit kala ulang 10 tahun, dan #915,713 untuk nilai debit 25 tahun. Nilai tersebut menunjukkan selisih elevasi muka air debit kala ulang 5 tahun dengan debit kala ulang 10 tahun adalah 0.01 sd 0.04 m sedamgkan terhadap kala ulang 25 tahun adalah antara 0,07 sd 0,08 m. Setelah dilakukan normalisasi, posisi muka air menurun pada elevasi #915,06 atau turun sebesar 66,3 cm. Dengan demikian, usaha normalisasi dapat memberikan dampak pada terjadinya genangan di jalan raya. Kapasitas debit saluran drainase setelah dinormalisasi meningkat menjadi 1,757 m”/dtk. Evaluasi dimensi gorong — gorong eksisting sebagai salah satu penyebab terjadinya genangan air karena kapasitas gorong — gorong lebih kecil dari debit banjir yang terjadi, sehingga diusulkan untuk memperbesar dimensi gorong — gorong dari 1m x 0,5m menjadi 1m x 1,5 m.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik |
Depositing User: | Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 07:03 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 07:03 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |