STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DENGAN TEKNIK SOFT SELLING DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG (Studi Kasus Pada Cafe Kiyo, Jl Cut Nyak Dien, Kota Bandar Lampung)

RIFALDI, AZIZ and Romli, Khomsahrial (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DENGAN TEKNIK SOFT SELLING DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG (Studi Kasus Pada Cafe Kiyo, Jl Cut Nyak Dien, Kota Bandar Lampung). Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu bisnis kedai kopi yang terdampak adanya Pandemi Covid 19 adalah Cafe Kiyo. Terutama semenjak adanya pembatasan jam operasional kedai, para pengusaha kopi di Bandar Lampung saling menjual produk kopi dalam kemasan jumbo atau literan sebagai win-win solution. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dengan teknik soft selling dalam meningkatkan minat pengunjung pada Cafe Kiyo, Jl Cut Nyak Dien, Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara mengorganisasi data, membuat kategori, mencari eksplanasi alternatif data dan menulis laporan. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Cafe Kiyo dalam melakukan pemasaran kepada konsumennya. Dari semua pembahasan yang telah dipaparkan, maka peneliti dapat menarik beberapa kesimpulan bahwa: Kunci dari keberhasilan Cafe Kiyo dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran ditentukan oleh komunikasi interpersonal yang interaktif antar sumber daya manusia yang ada di dalam Cafe Kiyo. Komunikasi interpersonal ini kemudian membentuk solidaritas teamwork yang ada di dalam Cafe Kiyo. Solidaritas teamwork dapat memunculkan sebuah ide kreativitas dan inovasi yang menciptakan sesuatu yang berbeda dari Cafe Kiyo dibandingkan brand kopi yang lain. Dalam promosinya sendiri, Cafe Kiyo lebih menekankan metode soft selling agar konsumen lebih bisa mengenal Cafe Kiyo berdasarkan cerita yang ada. Cafe Kiyo selalu membuat inovasi baru yang tidak dilakukan oleh pelaku usaha coffee shop lain agar promosi mereka menjadi sesuatu yang fresh dan new. Filosofi dan cerita dari sebuah produk yang ada merupakan keunggulan dari strategi promosi Cafe Kiyo agar para calon konsumen lebih mengenal brand mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: M. Rafid Prayudha
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:58
Last Modified: 25 Jul 2023 07:58
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item