SILABAN, APRIANI NIA NOVERA and Farida, Ida (2023) ANALISIS KINERJA PEGAWAI KANTOR DESA SERUPA INDAH DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM) KEPADA MASYARAKAT DI DESA SERUPA INDAH KECAMATAN PAKUAN RATU KABUPATEN WAY KANAN. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai kantor desa Serupa Indah dan aspek-aspek yang menghambat kinerja pegawai kantor desa dalam memberikan pelayanan administrasi Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) di Desa Serupa Indah Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Way Kanan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dan kesimpulan data yang diukur dengan teori kinerja oleh Robbins (2016) dimana terdapat 5 dimensi dan diperoleh hasil dengan satu dimensi teori yang sudah berjalan dengan baik yakni kemandirian pegawai kantor desa Serupa Indah dalam memberikan pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Adapun 4 dimensi yang belum maksimal yakni, kualitas kerja, kuantitas, ketepatan waktu dan efektifitas. aspek penghambat dalam proses pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ialah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap persyaratan yang diperlukan sehingga memakan lebih banyak waktu dalam pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), kemudian kurang tertibnya pegawai maupun Kepala Desa dalam kehadiran di kantor desa sehingga membuat masyarakat harus menunggu lebih lama untuk proses pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Selain itu terdapat juga aspek pendukung seperti kemandirian yang diimiliki para pegawai kantor desa yang membuktikan mereka menguasai tugas nya masing-masing. Adapun saran yaitu pihak kantor Pemerintah Desa Serupa Indah membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang khusus mengatur Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) secara rinci beserta syarat dan ketentuannya, hendaknya para pegawai mulai disiplin waktu sehingga masyarakat mudah menemui pegawai dan kepala desa untuk proses pembuatan surat, para pegawai kantor desa juga hendaknya rendah hati menerima kritik maupun saran dari masyarakat yang dilayani agar dapat memperbaiki kinerja pelayanan pegawai yang ada.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | M. Rafid Prayudha |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 03:44 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 03:44 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |