ANALISIS KERUSAKAN JALAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN METODE BINA MARGA ( Studi Kasus : Ruas Jalan Dr. Sutomo Kota Metro )

Hayat, Abdul and Riyanto, Heri and Wisman, Mira (2019) ANALISIS KERUSAKAN JALAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN METODE BINA MARGA ( Studi Kasus : Ruas Jalan Dr. Sutomo Kota Metro ). Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan menganalisis kerusakan jalan perkerasan lentur (flexible pavement) ruas jalan Dr. Sutomo Kota Metro menggunakan metode PCI dan metode Bina Marga diketahui jenis-jenis kerusakan jalan, dan mendapatkan penilian kondisi kerusakan jalan dari masing-masing metode. Untuk hasil akhir dari kedua metode adalah : 1) metode PCI dengan berdasarkan nilai PCI didapatkan kualifikasi kualitas perkerasan jalan menurut rating kondisi perkerasan jalan sebagai berikut : section 1 nilai 68,03 (good), section 2 nilai 69,70 (good), section 3 nilai 68,36 (good), section 4 nilai 57,06 (good), section 5 nilai 46,89 (fair). 2) metode Bina Marga dengan berdasarkan nilai Urutan Prioritas (UP) yang dimasukkan ke dalam kategori Urutan Prioritas (UP) didapatkan : segmen 1 nilai 5 (program pemeliharaan berkala), segmen 2 nilai 6 (program pemeliharaan berkala), segmen 3 nilai 4 (program pemeliharaan berkala), segmen 4 nilai 3 (program peningkatan), segmen 5 nilai 3 (program peningkatan). Kemudian dari hasil akhir kedua metode mempunyai hasil yang cenderung sama. Pada dasarnya setiap metode yang dipakai mempunyai kelebihan dan kekurangan, adapun kekurangan dan kelebihan dari kedua metode tersebut yaitu : 1) metode PCI mempunyai kelebihan dalam menganalisis kerusakan karena lebih detail, kekurangannya dalam perhitungannya lebih lama karena harus memasukan satu persatu tiap jenis kerusakan kedalam grafik, metode PCI tidak mengikutkan faktor volume lalulintas yang sebenarnya memberikan dampak kerusakan pada ruas yang jalan yang ditinjau. 2) metode Bina Marga mempunyai kelebihan volume lalulintas yang melewati suatu ruas jalan yang ditinjau masuk dalam faktor pengaruh hasil nilai kondisi jalan, serta metode Bina Marga lebih cepat dalam perhitungannya karena tidak banyak menggunakan grafik yang harus memasukan data satu persatu, kekurangnya ialah metode ini kurang detail dalam penilaian karena hanya memasukan jenis kerusakan yang ada kedalam nilai kerusakan jalan. Dengan hasil akhir dari penelitian kerusakan jalan perkerasan lentur (flexible pavement) ruas jalan Dr. Sutomo Kota Metro perlu dilakukan observasi langsung di lapangan oleh pihak terkait, agar perbaikan yang dilakukan sesuai dengan kondisi kerusakan yang terjadi, sehingga perbaikan yang dilakukan akan lebih efektif dan efisiensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:05
Last Modified: 26 Jul 2023 08:05
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item