Pratama, Sepri and Hernawan, Wawan (2023) Pengaruh Komunikasi Celebrity Worship Terhadap Perilaku Compulsive Internet Use Pada Kasus Subscriber Youtuber Ria Sukmawijaya Selama Periode Tahun 2022. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan micro-celebrity saat ini menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Hal ini dikarenakan perilaku masyarakat yang cenderung menunjukkan hubungan parasosial tidak hanya pada selebriti konvensional tetapi kepada micro-celebrity yang terkenal melalui platform media sosial seperti YouTube. Peneliti menemukan salah satu tingkah laku unik pada subscriber Ria SW yang menarik untuk diteliti, yaitu perilaku fans/subscriber dalam menonton ulang konten Ria SW secara berlebihan. Hal ini diketahui peneliti melalui komentar- komentar mereka di konten-konten Ria SW. Berangkat dari hal ini, Penelitian ini berusaha mengetahui hubungan antara celebrity worship terhadap perilaku compulsive internet use yang dialami oleh penggemar / subscriber micro celebrity Ria SW. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan mengumpulkan data dengan menyebarkan survei online. Survei dilakukan kepada 100 responden yang merupakan subscriber Ria SW dan pernah menunjukkan perilaku menggunakan internet secara berlebihan yaitu menonton ulang konten Ria SW lebih dari sekali. Data yang diperoleh kemudian diproses menggunakan SPSS melalui berbagai metode, yaitu analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis klasik, uji hipotesis, uji korelasi regresi berganda, dan uji tabulasi silang. Data tersebut kemudian dijelaskan secara deskriptif. Hasil yang didapatkan adalah : Terdapat korelasi yang sangat disetujui antara Entertainment Social, Intense Personal dan Borderline Pathological subscriber Ria SW dengan perilaku Compulsive Internet Use. Kekuatan hubungan antara Entertainment Social, subscriber Ria SW dan perilaku compulsive internet use adalah sebesar 0,829. Intense Personal, subscriber Ria SW dan perilaku compulsive internet use adalah sebesar 0,916. Dan Borderline Pathological, subscriber Ria SW dan perilaku compulsive internet use adalah sebesar 0,919. Kemudian peneliti menemukan bahwa terdapat pengaruh dari variabel celebrity worship terhadap perilaku compulsive internet use adalah sebesar 87,3%. Melalui analisis hasil uji Koefisien Determinasi R2, peneliti menemukan bahwa frekuensi menonton ulang konten Ria SW yang dilakukan oleh responden pada penelitian ini memiliki korelasi dengan celebrity worship mereka serta peneliti menemukan bahwa sebagian besar responden menonton ulang konten Ria SW karena tertarik dengan konten kuliner yang diangkat dalam setiap konten Ria SW.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | M. Rafid Prayudha |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 02:10 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 02:10 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |