Analisis Penyebab Kecelakaan Pada Daerah Rawan Kecelakaan (Blackspot) Ruas Jalan Gedongtataan - Batas Kota Bandar Lampung (KM 25+100 - KM 25+300)

Prasetyahadi, Catur and Riyanto, Heri and Wisman, Mira (2019) Analisis Penyebab Kecelakaan Pada Daerah Rawan Kecelakaan (Blackspot) Ruas Jalan Gedongtataan - Batas Kota Bandar Lampung (KM 25+100 - KM 25+300). Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di Indonesia, target pengurangan 50% fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas telah tercantum sejak tahun 2011 ketika diluncurkan Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan 2011-2035. RUNK tersebut ditindaklanjuti dengan ditetapkannya Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan 2011-2020. Baik RUNK maupun Inpres 4/2013 memiliki 5 Pilar Keselamatan Jalan dimana Pilar 2: Jalan Yang Berkeselamatan merupakan tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Berdasarkan kategori kecelakaan lalu lintas maka tabrakan yang dominan di lokasi KM 25+100 – Km 25+300 Ruas Gedongtataan, Pesawaran ini adalah: Tabrakan Depan-depan (43,48%, 10 kejadian dari total 23 kejadian tabrakan di lokasi ini). Kemudian berturut-turut selanjutnya adalah Tabrak Samping (21,74%, 5 kejadian), Tabrak Depan - Belakang (17,39%, 4 kejadian), Kecelakaan Tunggal (13,04%, 3 kejadian) dan Tabrak Pejalan Kaki (4,35%, 1 kejadian). Analisa penanganan terhadap lokasi rawan kecelakaan yang terjadi pada 25+100 – Km 25+300 Ruas Gedongtataan, Peyebabnya adalah faktor faktor manusia/pengemudi, faktor kendaraan, faktor kondisi jalan/infrastruktur dan faktor lingkungan. Usulan penanganan terhadap tingginya angka kecelakaan antara lain pada faktor manusia dengan penegakan disiplin terhadap pengendara yang yang melanggar lalu lintas, faktor kendaraan dengan pemberlakuan sertifikat kelayakan terhadap kendaraan yang akan beroperasi di jalan raya, faktor infrastruktur jalan dengan membangun infrastruktur jalan dan bangunan pelengkap jalan sebagai penunjang keselamatan pengendara seperti median jalan, trotoar yang layak untuk pejalan kaki, lampu penerangan jalan, penyedian lahan parkir yang tidak mengganggu jalan, pemasangan rambu-rambu lalulintas, serta faktor lingkungan dengan berhati-hati pada saat berkendara pada kondisi lingkungan cuaca yang membahayakan bagi pengendara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:28
Last Modified: 27 Jul 2023 03:28
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item View Item