Afwan, Muhammad Tony (2019) ANALISIS HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN AH.NASUTION ( Studi Kasus Pusat Perbelanjaan di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur ). Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
Pekalongan sebagai ibukota Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur yang menjadi salah satu pusat hasil bumi, pertanian, perkebunan, pembibitan buah buahan , pembibitan tanaman bunga , perikanan dan lain lain di Kabupaten Lampung Timur, tidak luput dari masalah transportasi. Kebutuhan akan transportasi darat pada saat ini hususnya jalan raya, dirasakan semakin meningkat sejalan dengan perkembangan teknologi diberbagai bidang, perkembangan otomotif yang meningkat pesat dan daya beli masyarakat yang cukup tinggi mengakibatkan peningkatan jumlah kendaraan yang beroperasi di jalan raya .Sehingga bila tidak diimbangi dengan ruas jalan yang memadai maka akan menimbulkan masalah yaitu terganggunya lalu lintas jalan raya. Ruas jalan raya di Kecamatan Pekalongan Khususnya di lokasi penelitian yang menimbulkan kemacetan yaitu di Pusat Perbelanjaan di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur yang disebabkan oleh hambatan samping. Aktifitas hambatan samping yang terjadi disebabkan beberapa faktor antara lain : kendaraan parkir, pejalan kaki, kendaraan lambat, kendaraan keluar + masuk , pedagang kaki lima, kendaraan melakukan berbalik arah , dan kendaraan berhenti di badan jalan , Kemacetan terjadi di waktu puncak yaitu pagi , siang dan sore hari. Hal ini disebabkan karena aktifitas masuk dan keluar kendaraan dari dan menuju pasar maupun pertokoan disekitar nya . Oleh karena itu penulis ingin melakukan penelitian pada Ruas jalan Pusat Perbelanjaan di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur yang berkaitan dengan hambatan samping yaitu “Analisis Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan AH.Nasution ( Studi Kasus Pusat Perbelanjaan Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur ) Dari hasil analisa diatas didapat Kinerja Ruas jalan AH. Nasution pada kondisi eksisting dengan Tingkat pelayanan yang ada untuk Fungsi jalan Skunder Lokal LHR > 500 smp/jam kelas III Teknis III dengan kecepatan Tempuh 56-40 km/jam , dengan kondisi eksisting rata rata 42,5 km / jam dengan demikian tingkat pelayanan dengan tingkat A yang Kondisi Arus lalu- lintasnya bebas antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya,besar kecepatan sepenuhnya ditentukan oleh keinginan pengemudi dan sesuai batas kecepatan yang telah ditentukan.sedangkan bila menggunakan leber efektif 5 meter dengan kecepatan 28 km/jam di dapat tingkat pelayanan dengan nilai C yang artinya Kondisi arus lalu-lintas stabil, kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kendaraanlainnya dan mulai dirasakan hambatan-hambatan oleh kendaraan disekitarnya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik |
Depositing User: | Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:35 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:35 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |