Priana, Edwin Eka and Hifnie, Iskandar Z and Juniardi, Juniardi (2019) ANATISF SIMPANG BERTAMPU LALU LINTAS PADA SIMPANG EMPAT JALAN SUDIRMAN JALAN YOS SUDARSO - JALAN MAULANA DI KOTAMADYA METRO PROVINST LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam penelitian ini secara khusus dibahas kine{a simpang dan skenario manajemen dan rekayasa lalu lintas pada jalan Jalan Sudirman - Jalan Yos Sudarso - Jalan Maulana Di Kotamadya Metro. Lokasi persimpangan merupakan daerah penghubung dari daerah pemukiman ke daerah, pusat bisnis dan pendidikan yang dapat menambah kepadatan arus lalu lintas. Dengan memperbaiki geometrik persimpangan dan pengendalian lalu lintas yang benar diharapkan dapat mencegah terjadinya kecelakaan dan menjamin kelancaran ams lalu lintas. Yang menjadi permasalahan didalam penelitian ini adalah Kondisi geometric simpang yang belum tersentuh secara optimal dalam penanganan simpang,Tingkat volume arus lalulintas yang ada pada persimpangan tersebut telah memungkinkan dilakukann secara maksimal,Pada jam jam sibuk masih terjadi tundaan dan antrian panjang, Tidak konsisterurya lampu lalu lintas terhadap arus lalu lintas yang ada. Dari hasil perhitungan data lalu lintas pada pada simpang jalan Jalan Sudirman - Jalan Maulana dan Jalan Yos Sudarso Kota Metro didapatkan sebagai berikut Arus lalu lintas pada simpang dari arah jalan Maulana (Utara) sebesar 623 kendaraanJ jam atau 512 smp/jam, dari arah jalan Yos Sudarso(Selatan) sebesar 351 kendaraan/ jam atau 492 smp/jam dan dari arah jalan Sudirman ( Timur ) sebesar 1266 kendaraan/ jam atau 728 smp/jam, serta dari aral jalan Sudirman ( Barat ) sebesar 898 kendaraan/ jam atau 514 smp/jam. Hasil analisis simpang pada konsisi eksisting sebagai berikut : Kapasitas Simpang untuk pendekat dari Utara dan selatan sebesar 570 satuan mobil penumpang /jam dan Selatan sebesar 570 smp/jam serta dari Timur sebesar 629 smp /jam dan dari Barat sebesar 891 satuan mobil penumpang / jam,Panjang Antrian dari arah Utara sebesar 46,67 meter ,dari arah Selatan sebesar 43,33 meter dan dari arah Timur sebesar 50 meter serta dari arah Barat sebesar 60,00 meter,Tundaan rata rata dari aral Utara sebesar 29 deV smp,dari arah Selatan sebesar 30 deVsmp dan dari arah Timur sebesar 28 deVsmp serta dari arah Barat sebesar 27 det/smp,Waktu hijau dari hasil perhitungan didapat, dari arah jalan Maulana ( utara ) sebesar 12 detik dan jalan Yos Sudarso (Selatan) sebesar 15 detik untuk dari arah jalan Sudirman ( Barat ) sebesar I 8 detik dan Sudirman ( Timur ) sebesar 13 detik. Bila dilakukan optimalisasi pada lampu lalu lintas dengan penambahan dari 2 phase menjadi 3 phase dan penambahan waktu hijau maka dapat dilihat pada table berikut : Kapasitas Simpang untuk pendekat dari Utara dan selatan sebesar 562 satuan mobil penumpang / jam dan Selatan sebesar 562 smp/jam serta dari Timur sebesar 620 smp /jam dan dari Barat sebesar 879 satuan mobil penumpang / jam,Panjang Antrian dari arah Utara sebesar 60 meter dari arah Selatan sebesar 70 meter dan dari arah Timur sebesar 43,33 meter serta dari arah Barat sebesar 40,00 meter,Tundaan rata ntz dari arah Utara sebesar 47 det/ smpdari arah Selatan sebesar 42 det/smp dan dari arah Timur sebesar 46 det/smp serta dari arah Barat sebesar 52 det/smp,Waktu hijau dari hasil perhitungan didapat , dari arah jalan Maulana ( utara ) sebesar 15 detik dan jalan Yos Sudarso (Selatan) sebesar 15 detik untuk dari arah jalan Sudirman ( Barat ) sebesar l7 detik dan Sudirman ( Timur ) sebesar 23 detik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik |
Depositing User: | Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 04:16 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 04:16 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |