ANALISIS PENEMPATAN FASILITAS KESELAMATAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN RAYA BUKIT KEMUNING - LIWA KABUPATEN LAMPUNG BARAT

Oman, Widodo and Purba, Ronny Hasudungan and Karim, A.Ikhsan (2019) ANALISIS PENEMPATAN FASILITAS KESELAMATAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN RAYA BUKIT KEMUNING - LIWA KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan lalu lintas biasanya tumbuh lebih cepat dari upaya untuk melakukan pemecahan permasalahan transportasi sehingga mengakibatkan permasalahan menjadi bertambah parah dengan berjalannya waktu. Untuk bisa memecahkan permasalahan lalu lintas perlu diambil langkah langkah yang berani atas dasar kajian dan langkah langkah yang pernah dilakukan di kota kota lain. Pelanggaran pelanggaran ketentuan lalu lintas yang dilakukan masyarakat kian bertambah memprihatinkan dari tahun ke tahun yang pada gilirannya akan mengakibatkan peningkatan kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal ataupun luka luka yang tidak sedikit. Disamping itu ketidak tertiban juga akan mengganggu kelancaran lalu lintas yang akan menurunkan kecepatan perjalanan . Ruas jalan Bukit Kemuning Liwa adalah ruas jalan nasional yang panjang nya ± 94,96 km dengan kondisi geografis ruas jalan terdiri perbukitan dan pegunungan, dengan kondisi cuaca yang curah hujan nya sangat tinggi, ruas jalan Bukit Kemuning – Liwa banyak terdapat lokasi rawan kecelakaan yang disebabkan trace geometrik jalan yang tanjakan dan penurunan serta tikungan – tikungan tajam , dan minim nya rambu rambu lalu lintas yang terpasang sesuai kebutuhan yang ada , hal ini memungkinkan terjadi nya kecelakaan disamping faktor kelalaian pengemudi . Untuk meningkatkan ketertiban dan keselamatan lalu lintas bagi masyarakat perlu di lakukan penelitian , oleh karena itu penulis ingin melakukan penelitian pada Ruas jalan raya di Bukit Kemuning – Liwa yang berkaitan dengan keselamatan Lalu lintas yaitu “Analisis Kebutuhan Fasilitas Keselamatan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Raya Bukit Kemuning - Liwa Kabupaten Lampung Barat “ Dari hasil analisa Analisis dapat di simpulkan sebagai berikut : 1. Hasil analisis menunjukkan Jarak pandangan henti minimum berdasarkan kecepatan kendaraan dan jarak pandang yang tersedia pada ruas jalan Bukit Kemuning – Liwa menunjukkan hasil yang tidak sama. Jarak pandangan henti berdasarkan kecepatan yang diambil dengan kecepatan persegmen menunjukkan perbedaan hasil dengan Jarak Pandangan tersedia berdasarkan pengukuran di atas gambar hasil pungukuran topografi lengkung. Perbedaan ini bervariasi yaitu Jarak pandangan henti berdasarkan kecepatan lebih besar dari Jarak Pandangan tersedia, atau sebaliknya. 2. Hasil analisis pada jarak pandang menyiap menunjukkan bahwa jarak pandangan menyiap yang tersedia di lapangan kurang dari syarat jarak pandangan menyiap berdasarkan kecepatan riil dilapangan atau berdasarkan kecepatan rencana. Kondisi seperti itu dinyatakan dengan kondisi tidak aman. Dari tabel data tikungan yang mempunyai jarak pandangan yang pendek, ditemukan hampir semua tikungan yang tidak memenuhi persyataran minimal jarak pandangan menyiap . 3. Pada penempatan rambu rambu lalu lintas untuk kondisi eksisting sangat bervariasi karena da penempatan yang sudah tepat pada pemasangan nya dan ada pula yang penempatan pemasangan nya kurang tepat berdasarkan hasil analisa jarak pandang menyiap dan jarak pandang henti 4. Sedangkan untuk penempatan rambu rambu tambahan yang pada kondisi eksisting tidak ada dapat di sesuaikan penempatan nya berdasarkan hasil analisa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:56
Last Modified: 27 Jul 2023 06:56
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item