MODEL PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN PERKOTAAN (Studi Kasus : Jalan Raden Intan Kota Bandar Lampung)

Palsamu, Andantino Putra and Purba, Ronny Hasudungan and Karim, A.Ikhsan (2018) MODEL PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN PERKOTAAN (Studi Kasus : Jalan Raden Intan Kota Bandar Lampung). Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kota Bandar Lampung memiliki jumlah penduduk 1,015,910 jiwa. Dengan adanya peningkatan jumlah penduduk, jumlah kendaraan dan aktivitas di Kota Bandar Lampung menimbulkan masalah sosial dan ekonomi yang sangat bergantung terutama pada transportasi jalan raya. Jalan Raden Intan ini adalah salah satu jalan terpadat di Kota Bandar Lampung, jalan ini berada di kecamatan Tanjung Karang Pusat yang menghubungkan Jalan R.A. Kartini dan Jalan Teuku Umar sampai ke Bundaran Adipura. Pada jalan ini ada titik-titik kemacetan, yaitu: sekitar Pasar Tengah, Ramayana dan di jalan Katamso yang disebabkan oleh hambatan samping. Aktivitas hambatan samping di sekitar pasar tersebut, yaitu: parkir di bahu jalan, jumlah kendaraan bermotor yang masuk dan keluar dari jalan pertokoan Pasar Tengah, dan arus kendaraan yang bergerak lambat, seperti: mobil, angkot, gerobak dan sebagainya. Dalam penelitian Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan Perkotaan di Jalan Raden Intan Bandar Lampung dapat diambil suatu kesimpulan, yaitu: volume lalu lintas tertinggi sebesar 3843.75 smp/jam pada pukul 10.00-11.00 WIB pada hari Minggu tanggal 30 Juli 2017 dari arah kedaton Kota Bandar Lampung, sedangkan hambatan samping tertinggi di Jalan Raden Intan Kota Bandar Lampung sebesar 1614.2 smp/jam pada jam 17.00-18.00 WIB pada hari Senin tanggal 31 Juli 2017 dengan kelas hambatan samping sangat tinggi (VH). Dari hasil pemodelan korelasi dengan menggunakan program SPSS diperoleh model korelasi yang kuat pada hari Minggu dengan nilai tertinggi terjadi pada hubungan antara kendaraan parkir dengan volume lalu lintas, yaitu: sebesar 0.659 2 di Jalan Raden Intan Kota Bandar Lampung. Dari hasil pemodelan regresi dengan menggunakan program SPSS diperoleh model regresi yang positif pada hari Minggu dengan nilai tertinggi terjadi pada pengaruh antara kendaraan parkir dan kendaraan keluar dengan volume lalu lintas, yaitu: sebesar 72.4% di Jalan Raden Intan Kota Bandar Lampung. Maka didapat persamaan regresi sebagai berikut : Y = -542.961 + 6.165X3 + 3.921X5. Dengan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0.724. Kata kunci: Hambatan Samping, Volume Lalu Lintas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:34
Last Modified: 01 Aug 2023 03:34
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item