AUGMENTED REALITY METODE MARKER UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN SIMBOL KOMPONEN ELEKTRONIKA DASAR (Studi Kasus: SMK Taman Karya Madya Teknik 1 Tanjungkarang)

Nurichwan, Muhammad Ferdi and Aprilinda, Yuthsi (2022) AUGMENTED REALITY METODE MARKER UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN SIMBOL KOMPONEN ELEKTRONIKA DASAR (Studi Kasus: SMK Taman Karya Madya Teknik 1 Tanjungkarang). Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Augmented Reality merupakan teknologi yang mengkombinasikan antara benda maya 2 dimensi ataupun 3 dimensi ke dalam suatu lingkungan yang nyata, setelah itu benda maya tersebut di proyesikan dalam waktu yang nyata. Augmented Reality memproyeksikan objek nyata menjadi objek virtual yang di proyeksikan menggunakan kamera smartphone. penelitian ini dilakukan pada Taman Karya Madya Teknik 1 Tanjungkarang jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) yang bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi Augmented Reality (AR) menggunakan metode Marker Based Tracking untuk memperkenalkan beberapa macam komponen elektronika tersebut pada komponen listrik. Marker Based Tracking merupakan metode pada Augmented Reality yang mengidentifikasi pola pada marker tersebut. Hasil dari penelitian pada siswa TITL menyimpulkan bahwa aplikasi pengenalan simbol elektronika dasar ini sangat membantu dalam media penunjang pembelajaran pengenalan simbol komponen elektronika, dengan nilai presentase 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 02 Aug 2023 12:03
Last Modified: 02 Aug 2023 12:03
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item