Permana, Bagus (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN SOFT SKILL SISWA OLEH BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI LAMPUNG DALAM PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran). Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelatihan soft skill merupakan salah satu upaya yang dilakukan Badan Narkotika Nasional dalam mencegah penyalahgunaan narkoba yang terus meningkat di Indonesia terutama di kalangan remaja. BNNPLampung merupakan lembaga yang dibentuk oleh pemerintah yang salah satu tugasnya adalah melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkoba wilayah Provinsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program pelatihan soft skill siswa oleh badan narkotika provinsi lampung dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba serta untuk mengetahui aspek pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program pelatihan soft skill. Permasalahan dalam penelitian ini adalah meluasnya pemakaian narkoba dari kalangan pelajar dan remaja berdampak langsung dengan merosotnya kualitas manusia, juga bersamaan dengan meningkatnya jumlah dan kualitas dari kejahatan, yang diakibatkan para pecandu narkoba, serta minimnya pengetahuan tentang bahaya narkoba di kalangan remaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terdiri dari 5 dimensi untuk melihat efektivitas pelatihan soft skill yaitu : reaksi, proses belajar, perubahan perilaku, hasil, efektivitas biaya. Hasil penelitian ini adalah dalam dimensi reaksi, peserta dalam kegiatan pelatihan ini, sangat baik dan antusias. Dalam dimensi proses belajar, peserta dalam kegiatan pelatihan ini, sangat asik dan menarik, karena dalam pelatihan ini terdapat beberapa metode yang digunakan. Pada dimensi perubahan perilaku, ada beberapa perubahan yang terjadi pada peserta yaitu mereka mampu menolak untuk menyalahgunakan narkoba, lebih berani untuk menyampaikan pendapat, lebih percaya diri, dan menjadi lebih pintar untuk mengatur waktu. Dimensi hasil, kegiatan pelatihan soft skill memberikan pengetahuan baru untuk siswa dan guru terkait bahaya narkoba, assertiveness, self regulation, dan reaching out. Dalam dimensi efektivitas biaya, terdapat aspek penghambat dalam yaitu minimnya anggaran yang digunakan untuk kegiatan pelatihan soft skill ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | M. Rafid Prayudha |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 08:21 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 08:21 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |