Romanov, M Gilang and Farida, Ida (2022) PENGAWASAN LEMBAGA OMBUDSMAN RI PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
Lembaga Ombudsman sebagai lembaga pengawasan penyelenggara pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan guna mencegah dan menghapuskan penyalahgunaan wewenang aparatur penyelenggara negara dan pemerintah di Indonesia dan di Provinsi Lampung khususnya di Kota Bandar Lampung. Dalam mengawasi pelayanan publik di Kota Bandar Lampung peneliti melihat adanya laporan masyarakat dugaan maladministrasi sebanyak 175 di tahun 2021 yaitu sebanyak 65 laporan yang belum terselesaikan dan mengakibatkan beban kerja Lembaga Ombudsman Perwakilan Provinsi Lampung. Sehingga permasalahan penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pengawasan lembaga Ombudsman RI perwakilan Provinsi Lampung dalam pelayanan publik di Kota Bandar Lampung? 2. Faktor-faktor penghambat dan pendukung apa saja yang dilakukan oleh lembaga Ombudsman RI perwakilan Provinsi Lampung dalam menindak lanjuti laporan yang masuk terhadap pelayanan publik di Kota Bandar Lampung? penelitian ini adalah penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan Yuridis Sosiologis (sosio-legal approach). Metode yang di pakai yaitu metode interwiew, dan dokumentasi data yang diperoleh dianalisis secara teliti. Hasil penelitian lapangan menujukan bahwa pengawasan Lembaga Ombudsman RI perwakilan Provinsi Lampung dalam mengawasi pelayanan publik di Kota Bandar Lampung telah berjalan sebagaimana yang diatur oleh pemerintah pusat seperti melakukan bentuk pengawasan berdasarkan adanya laporan masyarakat dan pengawasan atas inisiatif sendiri dari Ombudsman. Selain itu Ombudsman Perwakilan Provinsi Lampung melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Bandar Lampung, membangun koordinasi, kerjasama antar lembaga dan pengembangan jaringan di wilayah kerja Kota Bandar Lampung hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya tindakan maladminsitrasi yang marak terjadi di Kota Bandar Lampung.Hasil tindaklanjut laporan Ombudsman menurut masyarakat Kota Bandar Lampung menujukan bahwa Ombudsman telah menjalankan tugasnya sebagai lembaga pengawasan meskipun ada masyarakat yang kurang puas dengan hasil tindaklanjut Ombudsman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | M. Rafid Prayudha |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 12:06 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 12:06 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |