ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG

RAHMANI, EKA MUTHIA and Purnomo, Agus (2022) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap peningkatan kualitas pelayanan telah menunjukkan kondisi yang semakin penting untuk ditanggapi oleh instansi pemerintah terutama di era globalisasi ini. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, maka perbaikan kinerja pegawai sangat penting, sebab tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan baik pada lembaga pemerintah maupun swasta semakin tinggi mengingat kesadaran masyarakat akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara semakin berkembang, masyarakat menuntut pelayanan yang cepat, tepat, transparan, efisien dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Kemiling dan untuk mengetahui apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Kemiling. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengambil sumber data. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan pegawai terhadap masyarakat pada Kantor Kecamatan Kemiling dilihat dari proses pelayanan yang sudah baik dinilai dari lima dimensi yaitu Tangibel, Reliability, Responsiviness, Assurance, dan Emphaty. Masyarakat sudah puas dengan pelayanan yang diberikan pegawai di Kantor Kecamatan Kemiling. Faktor penghambat pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Kemiling adalah kurangnya sumber daya pegawai dan masih kurangnya sarana prasarana. Sedangkan faktor pendukungnya adalah semangat yang diberikan pegawai satu sama lain, mengadakan rapat koordinasi atau semacam evaluasi setiap tiga bulan kemudian memberikan penanaman kesadaran melayani masyarakat dengan ikhlas dan sesuai dengan hati nurani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: M. Rafid Prayudha
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:38
Last Modified: 04 Aug 2023 07:38
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item