MONICA, ECHY YUZAS and Malik, Malik (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PENERBITAN IZIN USAHA DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI LAMPUNG. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
Secara teoritis, tercantum dalam Bab 1 Pasal 1 Ayat 1 UU No. 25 Tahun 2009, yang dimaksud dengan pelayanan publik adalah rangkaian kegiatan dalam upaya memenuhi kebutuhan layanan administratif bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang dan/atau jasa. Dalam melaksanakan pelayanan nya, Dinas Provinsi Lampung masih mengalami permasalahan berupa kurangnya optimalisasi dalam pengajuan izin usaha dan kurangnya sosialisasi tentang izin usaha kepada masyarakat. Untuk itu, tujuan dilaksanakan nya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan penerbitan izin usaha dan aspek penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Lampung. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil data yang diperoleh di lapangan melalui serangkaian teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan dan verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, studi lapangan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan publik dalam penerbitan izin usaha di Dinas Penanaman Modal dan PelayananTerpadu Satu Pintu Provinsi Lampung belum berjalan secara efektif. Hal tersebut menimbulkan beberapa kendala-kendala yang dihadapi dalam segi ketepatan waktu proses pendaftaran cepat karena masih ada keterlambatan dalam proses penyelesaiannya. Kendala-kendala yang dihadapi tersebut muncul akibat beberapa faktor penghambat pelayanan, antara lain kurangnya informasi kepada pemohon apabila x terjadi keterlambatan penyelesaian surat izin usaha, kurangnya jaminan kerja antara elemen terkait, dan kurangnya koordinasi serta tanggapan petugas dalam meningkatkan loyalitas terhadap masyarakat. Namun di antara kendala yang dihadapi, pemerintah telah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi hambatan pelayanan publik yaitu pembebasan biaya dalam pengurusan perizinan dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana serta fasilitas yang memadai dalam upaya menunjang kualitas pelayanan perizinan yang diberikan untuk masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | M. Rafid Prayudha |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 09:25 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 09:25 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |