KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

NURFAJAR, WISNU AZAN and Malik, Malik (2020) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wisnu Azan Nurfajar, NPM 16111320, dengan judul Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selataan, (2) Aspek-aspek yang mendukung dan menghambat pelayanan di Kantor Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan, dimana data yang dihasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Data yang diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan sudah diterapkan dimensi Tangibel, Reability, Responsivness, Assurance dan Emphaty beserta indikatornya. Ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat, yaitu kedisiplinan pegawai, keahlian pegawai yang belum ahli menggunakan alat bantu pelayanan, ketidakramahan pegawai dalam melayani pengguna layanan. Aspek yang mendukung dalam proses pelayanan publik di Kantor Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan adalah semangat yang diberikan pegawai satu sama lain, mengadakan rapat koordinasi, memberikan penanaman kesadaran melayani masyarakat dengan ikhlas dan sesuai dengan hati nurani, dan adanya fasilitas berupa alat bantu untuk memudahkan proses pelayanan. Sedangkan aspek penghambatnya adalah kurangnya sumber daya pegawai dan masih kurangnya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: M. Rafid Prayudha
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:29
Last Modified: 14 Aug 2023 08:29
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1077

Actions (login required)

View Item View Item