Pamungkas, Putra Adi and Purnomo, Agus (2020) ANALISIS QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN (Study Pada Three Brothers Premium Barbershop). Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
QFD merupakan metode yang umum untuk menjelaskan apa yang keinginan pelanggan dan menerjemahkan keninginan tersebut untuk membuat kualitas layanan yang baik sehingga menghasilkan kepuasan pada konsumen (Mazur, 2008). Kepuasan konsumen dapat dicapai dengan memberikan kualitas yang baik. Oleh karena itu harus fokus pada kepuasan konsumen supaya bisa memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan dan harapan konsumen, maka digunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Menurut Tony Wijaya (2011:34), metode QFD merupakan salah suatu metode yang mengutamakan pendekatan sistematik dengan cara menentukan tuntutan atau permintaan konsumen, kemudian menerjemahkan tuntutan tersebut secara akurat ke dalam perencanaan pengembangan yang tepat. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari Tangible, Reliability, Responsivness, Assurance, Emphaty Penelitian ini bertujuan untuk. untuk menganalisis apa sajakah harapan konsumen mengenai kualitas pelayanan, untuk menganalisis faktor apa saja yang masih memerlukan perhatian yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan guna mencapai tingkat pelayanan yang optimal dan untuk menganalisis karakteristik teknis manakah yang menjadi prioritas untuk dikembangkan yang sesuai dengan keinginan konsumen sehingga mampu memenangkan persaingan Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Three Brothers Premium Barbershop dengan sampel 50 responden dengan teknik Accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan data yang terkumpul diolah dengan program komputer IMB SPSS 25. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah QFD (Quality Function Deployment) dengan menggunakan matriks HOQ (House Of Quality). Dengan hasil diperoleh empat belas atribut jasa yang diinginkan konsumen. Atribut jasa yang dianggap penting oleh konsumen yaitu Ruang tunggu yang nyaman. Pengembangan kualitas layanan/jasa agar sesuai dengan keinginan konsumen dilakukan dengan mengikuti urutan prioritas prosedur kualitas hasil analisis QFD. Urutan prioritas tiga prosedur kualitas dari empat belas atribut tersebut adalah Ruang tunggu yang nyaman, Peralatan lengkap dan aman dan Profesional dibidangnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis |
Depositing User: | M. Rafid Prayudha |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 08:32 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 08:32 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |