PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MARKETPLACE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SHOPEE INDONESIA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Bandar Lampung Yang Berbelanja Di Shopee)

Wahyuningsih, Retno Tri and Soewito, Soewito (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MARKETPLACE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SHOPEE INDONESIA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Bandar Lampung Yang Berbelanja Di Shopee). Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Marketplace membawa peluang bisnis besar seperti penjualan produk dan penyediaan layanan online dan pertumbuhan pendapatan untuk perusahaan seperti e-retailer terutama karena sifatnya yang mudah dan interaktif, biaya yang lebih rendah, untuk pelanggan. Penelitian ini ditunjukan untuk menganalisis kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen pemakai aplikasi marketplace Shopee. Variabel yang digunkana dalam penelitian ini adalah dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari efisien, fullfilment, reliability, privasi, responsiveness, kompensasi, dan kontak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisa, dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen secara parsial. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Shopee Indonesia yang ada di Universitas Bandar Lampung dan dengan sampel 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan data yang terkumpul diolah dengan program komputer IMB SPSS 25 for window. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa variable independen yang diteliti diperoleh thitung untuk dimensi kualitas pelayanan sebesar 7,348 > ttabel 1,984. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen kepuasan konsumen. Variabel dimensi kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama dalam kepuasan konsumen. Angka Adjusted R Square sebesar 0,349 yang menunjukan bahwa 34,9% variansi kepuasan konsumen bias dijelaskan oleh variabel dimensi kualitas pelayanan sedangkan sisanya sebesar 65,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: M. Rafid Prayudha
Date Deposited: 07 Sep 2023 05:07
Last Modified: 07 Sep 2023 05:07
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1148

Actions (login required)

View Item View Item