ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM PENERAPAN JASA RETRIBUSI PARKIR PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDAR LAMPUNG

Melinda, Dina and Oktaviannur, M (2019) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM PENERAPAN JASA RETRIBUSI PARKIR PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDAR LAMPUNG. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya kesenjangan antara besarnya potensi retribusi parkir di Kota Bandar Lampung dengan tidak optimalnya penerimaan daerah atas retribusi parkir tersebut. Berdasarkan data pada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis kualitas pelayanan dalam penerapan jasa retribusi parkir pada dinas perhubungan Kota Bandar Lampung.. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang berpijak dari data yang didapat dari hasil wawancara serta hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penyelenggaraan pelayanan parkir di Kota Bandar lampung perlu untuk lebih ditingkatkan kembali. Hal ini ditunjukkan bahwa kewajiban dan tanggung jawab penyelenggara layanan belum mampu dilaksanakan dengan baik, hak pengguna jasa layanan parkir belum mampu dipenuhi secara keseluruhan, persepsi dan respon pengguna terhadap layanan parkir tidak memuaskan dan beranggapan layanan parkir parkir perlu untuk lebih ditingkatkan. Capaian tujuan penyelenggaraan layanan parkir lebih berorientasi pada peningkatan PAD dari pada peningkatan pelayanan parkir dan belum mampu mencapai tujuan yang diharapkan masyarakat yaitu menikmati parkir gratis, layanan parkir perlu untuk lebih ditingkatkan kembali. Terdapat beberapa kendala dalam penyelenggaraan pelayanan parkir yaitu belum adanya kerjasama yang optimal antar berbagai stakeholder, masih adanya juru parkir yang memungut uang parkir, SDM pengawas yang kurang, sistem pengawasan yang kurang optimal, sarana dan prasarana yang kurang, Miss oriented. Pada penyelenggaraan pelayanan parkir yang perlu untuk lebih ditingkatkan kualitasnya, terdapat upaya-upaya yang harus dilakukan yaitu upaya berbasis strategis dan upaya berbasis sistem. Berdasarkan hasil analisis tersebut, penulis menyarankan Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi dinas perhubungan Kota Bandar Lampung dalam meningkatkan pelayanan restribusi parkir. Menjadi salah satu sumber bacaan bagi pihak-pihak yang akan melakukan penelitian dengan mengambil kajian atau topik tentang kualitas pelayanan restribusi parkir pada masa-masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: M. Rafid Prayudha
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:11
Last Modified: 16 Oct 2023 04:11
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item View Item