STRATEGI PEMASARAN USAHA DAGANG IKAN AIR TAWAR MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT (STUDI KASUS :UD’GE’n’FA’ JAYA DI BANDAR LAMPUNG

Berliantika, Anggi and Basrie, Hasan (2019) STRATEGI PEMASARAN USAHA DAGANG IKAN AIR TAWAR MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT (STUDI KASUS :UD’GE’n’FA’ JAYA DI BANDAR LAMPUNG. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyaknya masyarakat di Indonesia yang membuka peluang sebagai agen/usaha dagang yang sama, hal inilah yang membuat para agen/usaha dagang harus menciptakan bisnis yang mampunyai strategi dalam pemasaran sehingga usaha dagang tersebut mampu bertahan agar bisnis yang dijalankan dapat mempunyai keuntungan sesuai dengan target yang telah direncanakan. Permasalahan: Faktor- faktor apa yang mempengaruhi strategi pemasaran sehingga target tidak tercapai?, Bagaimana strategi pemasaran yang diimplementasikan di UD’ Ge’n’Fa’Jaya dilihat dari 4 analisis SWOT?, Bagaimana strategi pemasaran bisnis yang harus diterapkan di UD’Ge’n’Fa’Jaya agar bisnis tersebut dapat terus bertahan dan upaya apa saja yang harus dilakukan guna meningkatkan pendapatan UD’Ge’n’Fa’Jaya? Metode Penelitian:Metode analisis yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan menggunakan penalaran dengan berpedoman pada pendekatan teoritis.Kalaupun ada data berupa angka-angka sifat analisisnya hanya terbatas pada menilai, pemberian informasi atau mengevaluasi data angka tersebut kemudian melakukan penafsiran dan menyimpulkan. Alat analisis yang digunakan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunity And Threats) untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Hasil Peneltian: Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran sehingga target tidak tercapai adalah Lingkungan mikro dan lingkungan makro dalam perusahaan. Strategi pemasaran yang diimplementasikan di UD’ Ge’n’Fa’Jaya di lihat dari 4 Analisis SWOT adalah: Memperluas wilayah pemasaran hingga ke daerah, Meningkatnya kerelasian pelanggan sehingga akan meningkatkan loyalitas pelanggan, Meningkatnya pangsa pasar dengan melakukan promosi dalam pemberian potongan harga kepada pelanggan yang membeli dalam jumlah yang besar. Strategi pemasaran bisnis yang harus diterapkan di UD’Ge’n’Fa’Jaya agar bisnis tersebut dapat terus bertahan adalah strategi agresif, dimana kekuatan dan peluang yang dihadapi adalah lebih besar jika dibandingkan dengan kelemahan dan ancaman. Sedangkan upaya yang harus dilakukan guna meningkatkan pendapatan UD’Ge’n’Fa’Jaya adalah dengan investasi dalam usahadistributor ikan air tawar. Disarankan kepada perusahaan untuk dapat meningkatkan daya saing maka sebaiknya perusahaan lebih meningkatkan lingkungan mikro dan lingkungan makro dari semua aspek yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar.Disarankan pula kepada perusahaan untuk meningkatkan strategi pemasaran yang dilakukan selama ini sehingga diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan dan pangsa pasar dalam pemasaran ikan air tawar di tahun yang akan datang. Disarankan kepada perusahaan untuk selalu agresif sebagai bentuk strategi untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: M. Rafid Prayudha
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:46
Last Modified: 16 Oct 2023 04:46
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item View Item