ANALISA SISTEM PENGEREMAN TROMOL RODA BELAKANG PADA KENDARAAN RODA 4

Ismail, Ahmad Nur Kurniawan Maturidi and Muhamad, Zein (2022) ANALISA SISTEM PENGEREMAN TROMOL RODA BELAKANG PADA KENDARAAN RODA 4. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kampas rem merupakan salah satu komponen penting dalam berkendaraan bermotor roda dua ataupun roda 4 yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Untuk menjaga performa pengereman kendaraan dapat di lakukan dengan cara perawatan secara berkala, agar kendaraan tetap prima, Sehingga peneliti ingin mengetahui nilai uji unsur komposit untuk mengetahui unsur yang ada dikandungan kampas rem agar dapatkan hasil yang ramah lingkungan dan efesien data yang diperoleh dari beberapa sampel yang di uji unsur komposit yaitu : Pada spesimen kode III ini bahan besi lebih banyak yaitu 8,721% dan tembaga 170,3 ppm dibandingkan dengan spesimen kode I sehingga bahan akan menjadi lebih keras. Ini menghasilkan gaya gesek lebih kecil. dan untuk Uji keausan untuk mengetahui nilai keausan kampas rem yang paling kecil dari beberapa sampel yang diuji dan menimalisir angka kecelakaan dijalan raya. Data yang diperoleh dari beberapa sampel yang uji keausan yaitu : Dari spesimen kode III terdapat 3 kali percobaan yang dilakukan. Nilai keausan terbesar terdapat pada percobaan ke 3 dengan nilai keausan sebesar 7,63976E-07mm2/Kg dan nilai keausan terkecil pada percobaan ke 1 sebesar 6,57928E-07mm2/Kg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Mesin
Depositing User: M. Rafid Prayudha
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:32
Last Modified: 04 Jul 2024 08:32
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/1293

Actions (login required)

View Item View Item