ANALISIS VOLUME LALU LINTAS DAN KAPASITAS TERHADAP KINERJA JALAN KELUAR PELABUHAN BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN ( Studi Kasus Jalan Keluar Pelabuhan Bakauheni )

Santoso, Jimun and Hifnie, Iskandar Z and Karim, A.Ikhsan (2021) ANALISIS VOLUME LALU LINTAS DAN KAPASITAS TERHADAP KINERJA JALAN KELUAR PELABUHAN BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN ( Studi Kasus Jalan Keluar Pelabuhan Bakauheni ). Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan khususnya terdapat pilihan ruas jalan dari dan menuju ke Pelabuhan bakauheni yang dilintasi dua ruas yaitu jalan nasional lintas tengah dan ruas jalan Tol yang dari dan menuju ke utara pulau sumatra yaitu ke ruas jalan tol bakauheni – terbanggi besar dan seterus nya ke terbanggi besar – kayu agung. Kedua ruas jalan ini menjadi alternatif pilihan bagi kendaraan yang akan dan menuju ketempat tujauannya, dari hasil survey awal dalam pemantauan terlihat untuk kendaraan menengah berat , Bus besar besar dan Kendaraan truk besar banyak yang memilih ke ruas jalan to bakauheni – terbanggi besar sedangkan yang memilih ke ruas jalan nasional antara lain sepeda motor , sebagian kendaraan ringan dan bis serta truk kecil . Oleh karena itu penulis ingin melakukan penelitian pada kedua ruas jalan tersebut yang berkaitan dengan kinerja jalan yaitu ANALISIS VOLUME LALU LINTAS DAN KAPASITAS TERHADAP KINERJA JALAN KELUAR PELABUHAN BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN ( Studi Kasus Jalan Keluar Pelabuhan Bakauheni ) Dalam analisis kinerja jalan keluar pelabuhaqn bakauheni dengan perhitungan berdasarkan pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) tahun 2014, didapat data data arus lalu Lintas Q untuk kondisi eksisting sebesar 1066 skr/jam dan untuk kondisi prediksi 10 tahun mendatang sebesar 1736 skr/jam, sedangkan nilai kapasitas jalan untuk jalan keluar pelabuhan bakauheni yaitu 4950 skr/jam dan Derajat Kejenuhan ( DS ) untuk jalan keluar bakauheni kondisi eksisting DS = 0,21 dan untuk prediksi 10 tahun mendatang DS = 0,35 nilai Kecepatan arus bebas untuk jalan keluar pelabuhan yaitu 63,4 km/jam dan Kecepatan Tempuh ( VT) didapat untuk jalan keluar pelabuhan pada kondisi eksisting VT = 58,0 km/jam dan untuk pada kondisi prediksi 10 tahun mendatang VT = 56,0 km/jam sedangkan Waktu Untuk jalan kondisi eksisting sebesar 6,2 0,1km/jam dan untuk jalan kondisi prediksi 10 tahun mendatang sebesar 6,42 0,1km/jam Berdasarkan hasil analisis diatas dapat di nyatakan tingkat pelayanan ruas jalan keluar pelabuhan bakauheni besar adalah untuk jalan keluar pelabuhan bakauheni pada kondisi eksisting dengan nilai Derajat kejenuhan = 0,21 dan pada kondisi 10 tahun mendatang dengan nilai DJ = 0,35 berdasarkan tabel 2.19 untuk rasio derajat kejenuhan dengan nilai ≤ 0,60 didapat nilai tingkat pelayanan A yang arti nya Kondisi Arus lalu-lintasnya bebas antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya,besar kecepatan sepenuhnya ditentukan oleh keinginan pengemudi dan sesuai batas kecepatan yang telah ditentukan, jasi masih sangat baik kinerja kedua ruas jalan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 22 Jul 2023 07:19
Last Modified: 22 Jul 2023 07:19
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item View Item