ANALISIS TINGKAT PELAYANAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN RADEN INTAN DI KECAMATAN METRO PUSAT KOTA METRO

Setiawan, Budi Mulia and Hifnie, Iskandar Z and Juniardi, Juniardi (2021) ANALISIS TINGKAT PELAYANAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN RADEN INTAN DI KECAMATAN METRO PUSAT KOTA METRO. Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ruas Jalan Raden Intan di Kota Metro yang berada di Kecamatan Metro Pusat Kota Metro, menarik untuk dijadikan obyek penelitian terutama dalam usaha mengatasi kemacetan arus lalu lintas salah satu penyebab akibat hambatan samping , banyak nya kendaraan yang parkir di badan jalan mengakibatkan terjadinya penyempitan badan jalan berdampak terhadap kapasitas jalan mengecil apalagi bila terjadi pada saat –saat jam sibuk dan ini terjadi diantaranya di samping sekolah Muhammadiyah. Ruas jalan Raden Intan adalah ruas jalan yang menghubungkan wilayah kota Metro pusat dengan bagian utara , barat , timur dan selatan sebagai jalan alternatif bagi pengendara untuk memilih rute perjalanan dari dan menuju ke tujuan perjalanan nya . Ruas Jalan Raden Intan dari pengamatan awal masih sering terjadi perlambatan arus lalu lintas pada ruas jalan tersebut dikarena jalan tersebut kapasitas nya merendah akibat hambatan samping dan parkir kendaraan di badan jalan. hal ini disebabkan pada ruas jalan tersebut adalah jalan yang menuju ke tujuan bagi pengendara serta terdapat pusat pusat pemukiman kegiatan umum seperti sekolah sekolah, kantor kantor pemerintahan, kantor polisi serta pusat kegiatan perdagangan . Dalam penulisan penelitian ini akan di bahas dengan judul “ANALISIS TINGKAT PELAYANAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN RADEN INTAN DI KECAMATAN METRO PUSAT KOTA METRO ” Berdasarkan hasil analisis dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 terhadap ruas jalan Raden Intan Kota Metro dapat di simpulkan sebagai berikut: 1. Data Volume arus lalulintas tertinggi yang terjadi pada jam puncak yaitu pada hari Senen tanggal 27 januari 2020 pada sore hari antara pukul 16.16 sampai dengan 17.15 sebesar 1428 kendaraan / jam atau 990 smp/jam . 2.Hambatan Samping pada saat jam tidak sibuk dan jam sibuk di ambil rata rata frekuensi bobot didapat sebesar 199 dengan kelas hambatan samping rendah, sedangkan untuk kondisi hambatan samping pada jam sibuk dan ada kendaraan parkir di badan jalan didapat frekuensi bobot terbesar rata rata sebesar 322,1 pada hari Senin pukul 11.00 sampai pukul 12.00 dan didapat kelas hambatan samping adalah sedang 3.Kecepatan arus bebas untuk kendaraan ringan pada ruas jalan Raden Intan saat kondisi Kelas Hambatan Samping diambil rata rata didapat Kecepatan Arus bebas sebesar 37,00 km/jam, sedangkan untuk kondisi Kelas Hambatan Samping pada jam sibuk dan ada kendaraan parkir didapat Kecepatan Arus Bebas sebesar 28,00 km/jam 4.Kapasitas pada ruas jalan Raden Intan Kota Metro pada kondisi untuk Frekuensi Hambatan Samping rata rata 2132 smp/jam sedangkan untuk Frekuensi Hambatan Samping pada jam puncak dan ada kendaraan parkir didapat sebesar 743 smp/jam 5. Derajat Kejenuhan (DS) dari hasil analisa derajat kejenuhan untuk kondisi Hambatan samping diambil rata rata didapat nilai sebesar 0,46 sedangkan untuk kondisi Hambatan samping pada jam puncak dan ada kendaraan parkir di badan jalan didapat sebesar 1,29 6. Nilai Kecepatan Tempuh didapat Untuk kondisi Hambatan samping diambil rata rata diperoleh ± 32 km/jam sedangkan untuk kondisi Hambatan samping diambil pada jam puncak dan ada kendaraan parkir di badan jalan diperoleh 17 km/jam 7.Waktu tempuh pada kondisi Hambatan samping diambil rata rata sebesar 11,25 detik / 100 meter dan untuk Kondisi Hambatan Samping pada jam puncak dan ada kendaraan parkir di badan jalan didapat sebesar 21,1764 detik / 100 meter 8.Tingkat Pelayanan pada ruas jalan Raden Intan Kota Metro adalah : a. Untuk kondisi Hambatan samping diambil rata rata dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,46 atau < 0,60 yaitu masih Tingkat Pelayanan A yang artinya Arus lancar, volume rendah,kecepatan tinggi. b. Sedangkan untuk kondisi Hambatan samping pada jam sibuk dan ada kendaraan parkir dibadan jalan didapat nilai derajat kejenuhan sebesar 1,29 berdasarkan tabel 2.1d. adalah > 1,00 yaitu Tingkat Pelayanan F yang artinya Arus tidak terhambat, kecepatan rendah, volume diatas kapasitas, dan kendaraan banyak berhenti

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:55
Last Modified: 24 Jul 2023 06:55
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item View Item