PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP LALU LINTAS DI JALAN ENDRO SURATMIN KOTA BANDAR LAMPUNG

Agusta, Heryudi and Purba, Ronny Hasudungan and Juniardi, Juniardi (2020) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP LALU LINTAS DI JALAN ENDRO SURATMIN KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kota Bandar Lampung sebagai salah satu kota yang memiliki fungsi dan peran sebagai ibu Kota Provinsi Lampung. Memiliki fungsi dan peran sebagai Ibukota Provinsi membuat Kota Bandar Lampung menjadi pusat dari pertumbuhan ekonomi daerah serta Kota Bandar Lampung sebagai kota budaya dari berbagai nilai dan aktivitas budaya yang berkembang di kota tersebut. Lokasi penelitian yaitu terletak di Jalan Endro Suratmin Kota Bandar Lampung, Lokasi ini merupakan daerah pusat perdagangan di kota Bandar Lampung. Jalan Endro Suratmin terletak sekitar Pasar Tempel Sukarame dan jalan akses yang banyak tepatnya pada sebelah kanan dan kiri jalan sehingga pada pagi hari banyak kendaraan yang keluar masuk dari jalan akses tersebut. Pelaksanaan pengamatan di lapangan dilakukan selama dua hari pada satu hari sibuk dan satu hari libur, yaitu: Senin tanggal 20 Mei 2019 dan Sabtu 25 Mei 2019 pada jam-jam sibuk, yaitu: 06.00 – 18.00 WIB, yaitu: waktu pergi dan pulang dari pusat pertokoan, tempat kerjanya dan dari aktivitasnya masing-masing. Analisis data dilakukan setelah semua data hasil survei terkumpul. Dalam pengolahan data untuk mengetahui nilai volume lalu lintas dan hambatan samping pada ruas Jalan Endro Suratmin dari depan Indomaret Endro Suratmin II – depan Bank Teras BRI dianalisis dengan menggunakan MKJI 1997 dan pengolahan data untuk mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap volume lalu lintas dianalisis dengan bantuan program SPSS. Dalam penelitian Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Lalu Lintas Di Jalan Endro Suratmin Kota Bandar Lampung dapat diambil suatu kesimpulan yaitu Volume lalu lintas tertinggi sebesar 223.25 smp/jam pada pukul 16.00-17.00 WIB pada hari Senin tanggal 20 Mei 2019 dari arah kedaton Kota Bandar Lampung, sedangkan hambatan samping tertinggi di Jalan Endro Suratmin Kota Bandar Lampung sebesar 179.2 smp/jam pada jam 07.00-08.00 WIB pada hari Sabtu tanggal 25 Mei 2019 dengan kelas hambatan samping tinggi (H) dan Dari hasil pemodelan regresi tertinggi adalah dari gabungan hari Senin dan Sabtu dengan menggunakan program SPSS diperoleh model regresi yang positif pada pengaruh antara kendaraan berhenti/parkir Senin dan kendaraan berhenti/parkir Sabtu dengan volume lalu lintas, yaitu: sebesar 29% di Jalan Endro Suratmin Kota Bandar Lampung. Maka didapat persamaan regresi sebagai berikut : Y = a + b1X1 + b2X2 = 171.446 + 0.310X1 + 0.407X2 Dengan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0.290.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik
Depositing User: Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:44
Last Modified: 26 Jul 2023 03:44
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item