Setiyoko, Andri and Hifnie, Iskandar Z and Karim, A.Ikhsan (2018) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN RAYA PENENGAHAN - BAKAUHENI AKIBAT HAMBATAN SAMPING (STUDI KASUS KECAMATAN PENENGAHAN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN). Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu bagian dari prasarana jalan yang selalu mendapat perhatian didalam pengendalian lalulintas adalah ruas jalan, hal ini disebabkan pada bagian jalan ini akibat masing-masing pemakai jalan memiliki kepentingan yang berbeda dan harus dipenuhi. Salah satu ruas jalan itu yang cukup padat adalah jalan raya Bakauheni lampung sebagai jalan menuju ke ibukota propinsi lampung yaitu kota Bandar lampung dan sebaliknya menuju ke pelabuhan bakauheni untuk menyeberang ke pulau jawa. Penelitian ini akan mencoba mengatasi permasalahan transportasi utamanya melakukan analisis Analisis Kinerja Ruas Jalan Raya Penengahan - Bakauheni Studi Kasus Depan Polsek Penengahan Kabupaten Lampung Selatan, hal ini untuk evaluasi perkembangan dan kinerja ruas jalan di masa yang akan datang . Berdasarkan hasil analisis perhitungan dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia terhadap ruas jalan raya Penengahan - Bakauheni Lampung Selatan dapat di simpulkan sebagai berikut: 1. Data arus lalulintas Volume tertinggi yang terjadi pada jam puncak yaitu pada hari kamis 27 juli 2017 sebesar 4134 kendaraan / jam atau 3492 smp/jam. 2. Kecepatan arus bebas untuk kendaraan ringan sebesar 57,11 km / jam 3. Kapasitas pada lebar 9meter adalah 3386,75 smp/jam 4. Derajat kejenuhan juga terjadi 1,03 untuk kondisi eksternal dengan lebar 9,0 meter , 5. Nilai kecepatan tempuh dapat sebesar ± 26 km/jam pada kondisi eksisting lebar jalan 9,0 meter 6. Dari hasil analisa diatas didapat Tingkat pelayanan yang ada untuk ruas jalan Penengahan – Bakauheni adalah ruas jalan alteri III LHR < 10.000 smp/jam dengan kecepatan 56-40 km/jam , dengan kondisi eksisting 9,0 meter lebar badan jalan didapat kecepatan 26 km/jam hal ini menandakan bahwa telah terjadi penurunan tingkat pelayanan dengan tingkat D yang artinya Kondisi arus lalu-lintas mendekati tidak stabil , kecepatan operasi menurun hambatan-hambatan yang timbul dan kebebasan bergerak relatif kecil
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik |
Depositing User: | Aloysius Herbantolo Nurendro Kushariantoko |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 07:41 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 07:41 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |