Purnomo, Hendri and Purnomo, Agus (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN POLIKLINIK RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PRINGSEWU. Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.
Full text not available from this repository.Abstract
Tumbuhnya persaingan antar rumah sakit yang semakin ketat dan tajam sehingga setiap rumah sakit dituntut untuk mempertinggi daya saing dengan berusaha memberikan kepuasan kepada semua pasiennya. Untuk itu harus diketahui faktor – faktor apa sajakah yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien tersebut. Dan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa yang pasien butuhkan untuk memenuhi kepuasan mereka terhadap pelayanan yang kita berikan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara harapan pasien poliklinik rawat jalan terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu.Penelitianini dilaksanakan dengan menggunakan desain survei yaitu penelitian yangmengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alatpengumpulan data pokok. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak50 pasien. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental sampling. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini akandigunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Uji asumsiklasik meliputi uji heteroskedastisitas dan uji normalitas. Untuk uji hipotesismenggunakan regresi linier berganda. Semua pengujian menggunakan programkomputer SPSS 22. Hasilnya didapat bahwa dimensi pelayanan secara keseluruhan, kesesuaian antara pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu, meskipun belum sepenuhnya memenuhi harapan pasien tetapi pelayanan yang diberikan sudah cukup baik. Berdasarkan hasil analisis regresi diatas dapat disimpulkan bahwa semua variabel dari dimensi kualitas pelayanan (keandalan, ketanggapan, keyakinan, keberwujudan dan empati) secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien poliklinik rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, pengaruhnya yang paling besar adalah variabel kenyataan (3,228) diikuti keandalan (2,341), ketanggapan (3,072), jaminan (2,413), dan empati (2,811) terhadap kepuasan pasien poliklinik rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu. Hasilnya adalah R2 sebesar (0,351) menunjukkan bahwa 35,1 % variabel kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan yaitu keandalan, ketanggapan, keyakinan, keberwujudan dan empati sedangkan sisanya 64,9 % lainnya dijelaskan variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | M. Rafid Prayudha |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 04:38 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 04:38 |
URI: | http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |