Optimalisasi Media Sosial Instagram Sebagai Platform Marketing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Akun Instagram @kuliner_lampung)

Akbar, Alwi Kaisal and Verawati, Noning (2022) Optimalisasi Media Sosial Instagram Sebagai Platform Marketing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Akun Instagram @kuliner_lampung). Skripsi thesis, Universitas Bandar Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam era digital ini, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan aktivitasnya. Timbulnya banyak pesaing menjadi sebuah pertimbangan bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan instagram. Platform ini hadir sebagai salah satu media digital marketing dengan titik fokus pada gambar dan video. Maka dari itu @kuliner_lampung memanfaatkan instagram sebagai alat komunikasi pemasaran untuk membantu para pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) kuliner di Lampung dalam mempromosikan produknya. Dalam penelitian ini, untuk menjelaskan masalah yang akan penulis teliti berdasarkan latar belakang diatas, maka dirumuskan masalah sebagai berikut. Bagaimana cara @kulinerlampung mengoptimalisasi media sosial instagram sebagai platform Marketing UMKM. Peneliti memilih jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif sebagai jenis penelitian terhadap permasalahan tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan pengumpulan data ini juga melibatkan berbagai aktivitas pendukung seperti pemilihan informan. Hasil penelitian ini adalah (1) optimalisasi pemanfaatan media sosial instagram sebagai platform UMKM berhasil dilakukan oleh Kuliner Lampung dengan menerapkan strategi komunikasi pemasaran Digital Content Marketing. (2) Media sosial instagram dipilih sebagai platform digital marketing dikarenakan aplikasi yang mudah digunakan, biaya yang murah, fokus pada gambar dan video, serta banyaknya fitur yang mendukung seperti insight, feeds, stories dan hashtag.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: M. Rafid Prayudha
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:22
Last Modified: 08 Aug 2023 04:22
URI: http://repository.ubl.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item